Sabtu, 6 Januari 2018 11:02

Asik, Anjal di Cimahi Punya ATM

Reporter : Fery Bangkit 
Sebanyak 34 orang anjal menerima Tabungan Sosial Anak (Tasa).
Sebanyak 34 orang anjal menerima Tabungan Sosial Anak (Tasa). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sebanyak 48 Anak Jalanan (Anjal) akan mendapat bantuan Rp900.900 selama satu tahun ke depan. Uang tersebut sudah dimasukan ke dalam buku tabungan.

 Pembagian buku tabungan dilaksanakan di Aula Gedung Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Jum’at (5/1/2018).

Penerima bantuan terdiri dari 34 orang anjal menerima Tabungan Sosial Anak (Tasa) pada Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) yang digagas Kementerian Sosial (Kemensos) dan 14 orang Anjal menerima Bantuan Pendidikan Anak Jalanan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Bantuan yang didapat sebesar Rp900.000 per tahun yang dibagi dalam 3 (tigaI kali penyaluran. Para Anjal bisa menggunakannya untuk membeli kebutuhan dasar seperti makanan serta kebutuhan belajar seperti tas, sepatu, dan lainnya,” ujarKepala Bidang Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi  Agustus Fajar.

Dikatakannya, mereka yang menerima tabungan merupakan hasil penjangkauan monitoring pendampingan anak jalanan. Bukan hanya yang memenuhi kriteria saja tapi mereka juga bersedia dan diberi bimbingan termasuk pembinaan keluarga.

Menurut Agustus, banyak penyebab anak-anak tersebut berada di jalanan. "Mereka masih ada orangtua, sebagian sudah tidak punya. Macam-macam alasan turun ke jalan seperti karena orangtua pisah, ada juga orangtua di luar daerah tapi anak-anak ini tinggal di Cimahi menjadi anjal," imbuhnya.

Pembinaan juga termasuk pengawasan dalam penggunaan tabungan. Para anjal menerima tabungan sekaligus kartu ATM untuk dipakai berbelanja. "Kita sampaikan agar uang yang diberikan digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan anak, jangan buat orangtua misalnya memberi rokok atau pulsa," ujarnya. (kit)*