Selasa, 18 Juni 2019 20:27

Aset Stadion Sangkuriang Telah Kembali

Reporter : Fery Bangkit 
Stadion Sangkuriang Kota Cimahi
Stadion Sangkuriang Kota Cimahi [limawaktu]

Limawaktu.id - aset Gor dan Stadion Sangkuriang Kota Cimahi resmi dikembalikan dari Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM) ke Pemerintah Kota Cimahi. 

Setelah dikembalikan, nilai asetnya pun telah dikeluarkan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi 

Baca Juga : Tahun ini Stadion Sangkuriang Fokus DED, Tahun Depan Fisik

Berdasarkan hasil penghitungan tim appraisal, nilainya mencapai Rp97.022 200.000.

Kepala BPKAD Kota Cimahi, Achmad Nuryana mengatakan, penghitungan nilai aset Gor dan Stadion Sangkuriang itu dilakukan pihak ketiga atau tim appraisal Desember 2019.

Baca Juga : Perda Pengembalian Aset Stadion Sangkuriang Tunggu Diparipurnakan

"Penghitungannya itu bulan Desember 2019, dengan nilai asetnya mencapai Rp 97 miliar lebih," kata Achmad saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (18/6/2019).

Nilai aset stadion bersejarah itu melonjak dratis dibandingkan beberapa tahun lalu. Tepatnya sebelum pengelolaan Gor dan Stadion Sangkuriang diserahkan kepada Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM) melalui Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 12 Tahun 2011 tentang Penyertaan Modal.

Baca Juga : Stadion Sangkuriang Batal Diperbaiki Tahun ini, Begini Dalih Pemkot Cimahi

Peningkatan nilai aset Gor dan Stadion Sangkuriang itu dinilai wajar mengingat harga jual tanah yang juga turut mengalami kenaikan. "Kalau dulu, sebelum asetnya diserahkan ke PDJM itu sekitar Rp 14 miliar," terangnya.

Sekarang, lanjut Achmad, pengeolaan Gor dan Stadion Sangkuriang secara resmi pengelolaannya sudah kembali ke Pemerintah Kota Cimahi. Pasalnya, revisi Perda tentang Penyertaan Modalnya sudah selesai.

Sebelum aset Gor dan Stadion dikembalikan dari Pemkot Cimahi, kata Achmad, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI perihal kekosongan Direktur PDJM. Hasilnya, jika Perda revisinya sudah selesai, aset tetap bisa dikembalikan meski tanpai Direktur PDJM.

"Udah kembali lagi karena Perda-nya sudah ada, sudah keluar. Kalau Perda sudah keluar, ya sudah bisa diambil alih," jelasnya.

Dikatakannya, Wali Kota Cimahi sebagai pemegang kekuasaan tertinggi aset dan keuangan sudah menyerahkan aset puluhan miliar itu kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi.

"Nanti akan dikembalikan ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) pengelolanya. Seperti Stadion Sangkuriang ke Disbudparpora," ungkapnya.

Baca Lainnya