Sabtu, 7 November 2020 21:10

Arunika Fashion Kembangkan Busana Ramah Lingkungan

Penulis : Bubun Munawar

 
 
Cimahi - Kondisi dunia saat ini sedang mengalami degradasi lingkungan yang mengakibatkan pemanasan global, pencemaran lingkungan, dan perubahan iklim.

Hal ini menumbuhkan banyak gerakan - gerakan kepedulian terhadap lingkungan dan kampanye- kampanye melawan pemanasan global.

Perkembangan ini dijadikan peluang bagi produk- produk ramah lingkungan seperti Arunika Fashion sebuah kelompok usaha yang ada di Kota Cimahi , dengan menjadikan blacu sebagai bahan dasar pembuatan busana, agar bisa mengurangi dampak lingkungan.

Ketua Kelompok Usaha Arunika Fashion Yanuar Irsan mengungkapkan, blacu tergolong bahan yang relatif lebih murah dibandingkan kain lainnya ,namun dengan desain yang baik bisa menjadikan blacu sebagai busana yang berkualitas bagus.

“ Pemerhati dan aktivis lingkungan memerlukan pakaian yang dapat digunakan untuk mengaktualisasikan dirinya, memberi pesan bahwa dalam berpakaian pun mereka sangat peduli dampak lingkungan.

Blacu menjadi solusi bahan dasar pembuatan busana yang ramah lingkungan, karenanya kita berkumpul membuat konsep busana ramah lingkungan, ” ungkapnya.

Sementara, Desainer Arunika Fashion Sri Wahyuni menyatakan, tak begitu tampak perbedaan ketika melakukan desain busana berbahan blacu dengan bahan dasar lain. Meskipun warna blacu relatif putih, tetapi untuk proses pewarnaan, wanita yang akrab dipanggil Yuniz ini lebih suka mengkombinasikannya dengan membuat lukisan pada busana yang jadi rancangannya.

“Kebetulan saya bisa melukis, sehingga proses pewarnaan, saya lebih banyak dengan cara melukisnya, hasilnya lebih cepat menyerap karena blacu seratnya relatif besar, ” paparnya.

Hal yang sama disampaikan Eka Sumardi, seorang pengusaha butik. Penggunaan blacu khususnya pada gaun pengantin selain memiliki nilai ekonomis, juga mengangkat kain blacu di pasaran. Dengan kreasi yang bagus dan kombinasi yang harmonis bisa membuat gaun pengantin menjadi lebih bagus.

“Blacu memiliki peluang yang bagus untuk dikembangkan sebagai bahan pembuatan busana,” katanya.

Sedangkan Pengusaha Konveksi Rahmat Zaenal mengatakan, blacu bisa menyerap keringat lebih tinggi karena terbuat dari bahan serat alami, sehingga menjadi alternatif dan solusi dalam mendukung pelestarian lingkungan.

“Blacu itu lebih mudah menyerap warna karena terbuat dari bahan serat alami,” pungkasnya. 

Baca Lainnya