Rabu, 6 September 2023 9:02

Apresiasi Jamming Session, Hendra Saputra Bahas Perijinan Even Musik di Kota Cimahi

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Kerinduan untuk Kembali menjadi salah satu barometer Musik Rock tanah air ditunjukkan oleh para musisi rock asal Cimahi yang pernah unjuk gigi di dekade 1990an, Pasalnya,  Kota Cimahi ternyata gudangnya musisi nasional dan penyanyi berbakat. Para musisi dan penyanyi terkenal asal Cimahi ini mewakili berbagai zaman, mulai dari zaman dahulu hingga era Gen Z.

Untuk kembali menghidupkan gairah bermusik di Cimahi, Studio 7 Cimahi bersama Limawaktu.id, menggelar Jamming Session yang kini sudah memasuki volume ke-9. Jamming Session sendiri digelar setiap Minggu siang di Studio 7, Jalan Kamarung Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Dalam jamming session sejumlah grup band asal Kota Cimahi dan Kota Bandung unjuk kabisanya dibidang musik khususnya yang bergenre rock.

Pada helatan Jamming Session volume 9 yang digelar pada Minggu (3/9/2023) akhir pekan kemarin, salah seorang anggota DPRD Kota Cimahi asal Fraksi Gerindra Hendra Saputra menyempatkan diri  menyambangi Studio 7 untuk melihat secara langsung bagaimana perform dari beberapa band yang mengisi jamming session volume 9. Tak sekedar melihat tampilan beberapa band asal Cimahi, Hendra pun sempat didaulat untuk interview terkait dengan perkembangan musik di Kota Cimahi.

“Dari dulu Cimahi ini walaupun kecil dikenal sebagai kota para musisi karena banyak musisi rock  yang sekaliber nasional lahir dari Cimahi, sebut saja almarhum Hari  Mukti, hingga yang saat ini masih eksis yaitu Jamrud,” ungkap Hendra, yang juga Ketua Komisi I DPRD Kota Cimahi ini.

Menurut Hendra potensi para musisi yang ada di Kota Cimahi ini harus terus dikembangkan, bahkan jika memungkinkan dibuat sebuah festival tau pagelaran musik rock di Cimahi , karena festival atau even tersebut jarang dilakukan di Indonesia.

“Kota Cimahi bisa saja menjadi pilot project untuk festival music rock,” katanya.

Saat ditanya terkait soal perijinan, Hendra mengatakan, untuk mendapatkan ijin pertunjukan musik setidaknya para musisi harus ada yang dekat dengan pihak eksekutif. Para musisipun harus ikut dengan aturan yang ada.

“Saya kebetulan sebagai Ketua Komisi I di DPRD Kota Cimahi makanya jika ada yang akan melaksanakan kegiatan panggung musik saya persilakan dan insyaallah saya akan membantunya,” katanya.

Hendrapun berujar, untuk menggelar kegiatan panggung musik hendaknya jangan terburu-buru, harus dipersiapkan secara matang dan tentunya mengikuti aturan yang ada.

“Silakan kalau mau ada yang membuat kegiatan pentas musik asal jangan terburu-buru dan tidak boleh hanya mengikuti keinginan sendiri tapi tetap ikuti aturan yang ada, kami siap membantu,” ujarnya.

Hendra mengajak para musisi untuk membuat even music yang nantinya akan ikut membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cimahi dari sektor budaya dan pariwisata khsusunya melalui jalur musik.

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer