Selasa, 22 Mei 2018 15:00

Aplikasi Ambulan Gratis di Cimahi Terganjal Perwal

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net]

Limawaktu.id,- Aplikasi 15 mobil layanan siaga milik Pemerintah Kota Cimahi masih menunggu Peraturan Wali Kota (perwal). Ditargetkan aturan tentang pelayanan mobil siaga itu rampung Mei ini.

"Perwal sendiri saat ini masih menunggu persetujuan dari Pemprov Jabar," terang Fitriani Manan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi saat diemui di kantornya, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Selasa (22/5/2018).

Baca Juga : Aplikasi Ambulan per Kelurahan Masih Nunggu Perwal

Akibat belum adanya Perwal, kata dia, mobil layanan siaga belum bisa diserahterimakan ke setiap kelurahan lantaran, Perwal yang mengatur Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Tekhnis (juknis) belum rampung..

"Katanya sih dua minggu (perwal). Tapi hingga kini belum turun," kata Fitriani.

Menurutnya, Perwal mobil siaga ini dibuatkan supaya fungsinya tidak tumpang tindih dengan mobil ambulan yang ada di setiap Puskesmas. Karena memang fasilitas yang ada dalam mobil siaga ini berbeda dengan mobil ambulan.

Menurutnya, jika mobil ambulan, tentunya selain ada sopir harus ada juga perawat dan peralatan medis sebagai bentuk pertolongan pertama. Untuk mobil pelayanan siaga ini lebih ke untuk mengantar atau melayani masyarakat ke fasilitas kesehatan (faskes) yang dituju, jika memang tidak ada alat transportasi atau si pasien tidak memungkinkan pakai kendaraan umum.

"Jadi Perwal mobil layanan siaga ini kita buatkan supaya tidak tumpang tindih dengan mobil ambulans. Karena jelas itu berbeda," ujarnya.

Berbeda dengan Perwal yang masih belum turun, untuk Surat Keputusan (SK) soal mobil layanan siaga tersebut sudah keluar. SK sendiri dibutuhkan untuk pemindahtanganan aset dari Pemerintahan Kota Cimahi ke Kecamatan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penanggung jawab program tersebut.

Namun karena Perwalnya belum keluar, walaupun SK Wali Kota sudah turun. Mobil pelayanan siaga masih belum bisa didistribusikan, walaupun sebenarnya unitnya sudah ada sejak beberapa bulan yang lalu. Dirinya pun berharap Juni Perwal tersebut sudah turun, dan mobil layanan siaga bisa langsung didistribusikan.

"Mudah-mudahan sebelum Juni (Perwal) sudah selesai," tandasnya.

Baca Lainnya