Sabtu, 2 Februari 2019 12:23

Apa Kabar Proyek LRT di Kota Cimahi?

Reporter : Fery Bangkit 
 Light Rail Transit (LRT).
Light Rail Transit (LRT). [istimewa]

Limawaktu.id - Kota Cimahi menjadi dipastikan menjadi salah satu wilayah lintasan Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya.

Berdasarkan informasi terakhir, jalur LRT akan meliputi juga Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Sumedang.

Baca Juga : Kabar LRT Bandung Raya dari Kota Cimahi

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Cimahi, Tata Wikanta menyebutkan, berdasarkan informasi terakhir, jalur yang akan digunakan di Kota Cimahi adalah jalan nasional. Yakni sepanjang Jalan Amir Mahmud yang melintas dari Cibeureum hingga Padasuka.

"Ini menggunakan jalan nasional, mulai Cibeureum-Padasuka," terang Tata saat dihubungi via sambungan telepon, Sabtu (2/2/2019).

Dikatakannya, rencana pembuatan LRT Bandung Raya ini sudah masuk dalam revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Cimahi yang saat ini tengah dibahas.

"LRT sebetulnya sudah terfasilitasi. Tinggal zonanya dimana. Di RDTR udah masuk," ujarnya.

Tata melanjutkan, keberadaan LRT ini sangat penting untuk menunjang proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung. Pasalnya, jika tak didukung LRT, maka itu akan menyulitkan warga Cimahi untuk mengakses kereta cepat.

"Misalnya, kalau warga Cimahi pengen naik kereta cepat, kalau tidak ada akses dari sini (Cimahi) ke Walini (pemberhentian kereta cepat di Bandung Barat) kan gak bisa (sulit)," jelas Tata.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, Huzein Racmadi menambahkan, berdasarkan informasi terakhir, saat ini pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah melakukan pengukuran keakurasian jalur LRT.

"Sekarang ini sedang pengukuran keakurasian. Mudah-mudahan tidak lama lagi selesai untuk wilayah Cimahi," katanya. 

Baca Lainnya