Senin, 10 Desember 2018 18:54

Antusias Warga Kabupaten Bandung Barat Penerima Bantuan KUBE dan RTLH

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Ratusan warga dari 13 Kecamatan se Kabupaten Bandung Barat berkumpul dalam sosialisasi pencairan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang digulirkan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Antusiasme warga tampak terlihat saat para pendamping program tersebut memberikan penjelasannya. 

Menurut Tatang, salah seorang pendamping program bantuan KUBE dan RTLH di Kabupaten Bandung Barat, pencairan dana bantuan KUBE dan RTLH ini segera dilakukan, dengan alokasi 30 kelompok usaha warga KBB dan 30 unit bantuan rumah tidak layak huni di Kabupaten Bandung Barat. 

"Program ini terealisasi atas aspirasi yang diserap anggota DPR RI asal Fraksi PDI Perjuangan KH Djalaludin Rahmat melalui program yang digulirkan Kementerian Sosial," jelasnya kepada Limawaktu.id, Senin (10/12). 

Dia menyebutkan, bantuan KUBE diberikan untuk kelompok  peternak, perikanan, warungan dan lain-lain. Sedangkan untuk bantuan RTLH diberikan sebanyak 30 unit untuk memperbaiki rumah warga KBB yang tidak layak huni. 

"30 unit rumah warga akan diperbaiki dengan RTLH yang masing-masing 10 unit di Kecamatan Cipongkor, 10 unit di Kecamatan Cikaongwetan dan Kecamatan Cililin 10 unit.

Bantuan perbaikan rumah tersebut nilainya Rp 15 juta untuk masing-masing rumah. Harapannya, bantuan tersebut hanya stimulant dari pemerintah, swadaya masyarakat sekitar sangat membantu tetangganya," sebutnya. 

Salah seorang warga bernama Jaim sangat bersyukur dia bisa mendapatkan bantuan modal usaha warungan melalui program KUBE dari Kemensos tersebut. Hal yang sama disampaikan Oban, penerima bantuan RTLH. 

"Saya berterimakasih dan terharu mendapatkan bantuan perbaikan rumah saya yang masih berlantai tanah dan berdinding bilik, "jelasnya.

Baca Lainnya