Senin, 26 Juni 2023 16:54

Antika Prananda Manfaatkan Youtube sebagai Sarana Pembelajaran

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Cimahi - Pandemi Covid-19 yang mewabah di berbagai penjuru dunia menimbulkan berbagai dampak bagi seluruh aspek kehidupan khususnya dalam bidang Pendidikan. Kondisi tersebut membuat  guru dan siswa kesulitan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)  karena materi pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh (online).

Hal  tersebut membuat Antika Prananda , salah seorang guru di SD Negeri Utama Mandiri 1 Cimahi  mencari inovasi lain, dan berinisiatif untuk mengembangkan media video pembelajaran melalui akun media sosial Youtube.

Kepada Limawaktu.id, Antika menjelaskan, pembuatan konten Youtube ini berawal dari keisengannya mengulas tempat wisata. Diantaranya tempat wisata Curug Tilu Ciwidey, Curug Batu Templek,dan Sanghyang Kenit.

Dia menjelaskan, saat wabah Covid 19 melanda, sampai semua kegiatan terbatas dan tidak bisa bepergian untuk mereview tempat wisata. Tidak ada konten untuk di upload.

Akhirnya Antika pun membuat video pembelajaran tentang micro teaching dan menguploadnya di Channel Youtubenya,  karena merupakan salah satu tugas kuliah. Konten tersebut  mendapat respon yang  baik, terbukti dengan jumlah viewer yang banyak. 

“Saya mencoba  terus membuat berbagai konten video pembelajaran untuk siswa dan mahasiswa, tutorial serta membuat konten pendidikan lainnya yang berlangsung hingga saat ini,” terangnya, Senin (26/6/2023).

Menurutnya, dirinya akan terus mengembangkan media pembelajaran melalui Youtube ini  sebagai salah satu  inovasi berkelanjutan agar lebih bermanfaat bagi banyak orang dan dunia pendidikan.

Kepala SD Utama Mandiri 1 Juariah mengapresiasi kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh Antika Prananda ini. Pasalnya video yang dibuatnya bisa menjadi alternatif dalam meningkatkan model pembalajaran diera digital saat ini.

Video-video yang diunggah Antika ini menjadi inspirasi bagi guru lainnya. Apa yang dilakukan oleh  Antika Prananda ini akan menjadi contoh bagi guru lainnya.

“Para guru bisa saja membuat pembelajaran berdiferensiasi  atau pembelajaran dari awal sampai akhir yang bisa dimotivasi oleh para guru di SD Utama Mandiri 1 atau guru yang lain,” katanya.

Juariah menyebutkan, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari video pembelajaran yang dibuat oleh Antika Prananda ini. Selain menjadi motivasi bagi guru yang ain juga memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan.

“Konten-konten yang dibuat Bu Antika ini memang terjadi di dunia pendidikan. Saya harapkan Bu Antika ini terus berkarya dengan konten-konten yang bisa memotivasi rekan yang lain, serta dapat digunakan sebagai model pembelajaran di sekolah lain di Indonesia,” paparnya.

 Sementara, Salah seorang Orangtua Siwa SDN Utama Mandiri 1 Tia Rinata mengatakan, konten-konten yang dibuat oleh Antika Prananda ini sangat bermanfaat khususnya bagi anaknya yang saat ini sedang bersekolah di SDN Utama Mandiri 1 Cimahi.

Tak hanya itu, kata Tia, konten-konten yang dibuatnya sangat menginspirasi karena berisi tentang materi pembelajaran di sekolah.

“Konten-konten Youtube Bu Antika ini sangat berpengaruh dan dimengerti oleh anak-anak terutama oleh anak saya sendiri. Video tersebut bisa menjadi bahan bagi anak belajar di rumah, sehingga Youtube tak hanya menjadi tontonan biasa saja, tapi bisa digunakan sebagai materi pembelajaran, ” pungkasnya.

Baca Lainnya