Minggu, 22 Juli 2018 21:50

Anggota Komisi V DPR RI Bawa Kabar Gembira Soal Banjir Melong Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara.
Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Anggota Komisi V dpr RI, Agung Budi Santoso menyebutkan, pengerjaan fisik pengentasan banjir Melong akan dilaksanakan tahun ini. Wilayah Kota Cimahi dan Kota Bandung akan menjadi daerah yang akan digarap terlebih dulu.

Pernyataan tersebut diungkapkan Budi usai mengisi sosialisasi '4 Pilar Kebangsaan' di Aula Kantor Kelurahan Citeureup, Kota Cimahi, Minggu (22/7/2018).

"Saat ini belum bisa menuntaskan karena ada persoalan lahan sungai yang asalnya lebar menjadi sempit dan itu permasalahannya ada pada masing-masing Pemda," katanya.

Ia berharap, berharap Pemerintah Daerah (Pemda) yang dilewati sungai itu bisa memberikan bantuannya agar persoalan banjir Melong bisa cepat selesai.

Menurut Agung, untuk menuntaskan banjir Melong memang tidak mudah, sehingga pihaknya akan terus memperjuangkan dan memantau proses penuntaskan banjir Melong tersebut.

Sebab, kata dia, butuh proses yang panjang dalam pengerjaannya. Hal tersebut lantaran sungai yang berada diwilayah Melong yakni Sungai Cibeureum dan Sungai Cilember juga meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung.

"Saya mendapat informasi banjir melong itu tahun 2015 waktu saya kunjungan ke lapangan, saya bicara dengan RW-nya ternyata ada persoalan banjir yang belum tuntas," beber Agung.

Ia mengatakan, permasalahan banjir Melong tersebut tidak bisa diselesaikan secara parsial tetapi harus komprehensif dari mulai hulu sampai ke hilir.

"Jadi mulai dari Kabupaten Bandung Barat masuk Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung hingga akhirnya ke sungai Citarum, saya sudah kumpulkan bahannya," katanya.

Untuk itu, pihaknya langsung mengundang sejumlah Kepala Dinas untuk memperdalam persoalannya dan disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Saya sampaikan langsung ke pak Menteri saat raker dan langsung ditanggapi, direspon dengan baik oleh pak Basuki," kata Agung.

Ia mengatakan, pihak Kementerian langsung melakukan kajian, akhirnya pada tahun 2016-2017 itu ada kesepakatan bersama antara Gubernur Jawa Barat, Bupati Kabupaten Bandung Barat, Wali Kota Bandung, Wali Kota Cimahi dan Bupati Bandung untuk menyelesaikan permasalahan Banjir Melong.

"Sudah ada kesepakatan bersama untuk menyelesaikan masalah ini. Saya mendengar kabar dari direktur sungai dan pantai insya Allah pada tahun 2018 ini sudah ada pengerjaan fisiknya diwilayah Bandung dan Cimahi," katanya.

Baca Lainnya