Sabtu, 13 Januari 2018 12:24

Andai Dinyatakan Tak Lolos Tes Kesehatan, Ini yang Akan Terjadi Bagi Paslon di KBB

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi
ilustrasi [pixabay]

Limawaktu.id, - Empat pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat periode 2018-2023 terancam tidak bisa ikut serta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Hal terburuk tersebut bisa terjadi apa bila para pasangan tidak dinyatakan lolos dalam tahapan tes kesehatan. Tes kesehatan para pasangan berlangsung sejak 11 hingga 15 Januari 2018.
Di Pilkada Kabupaten Bandung Barat 2018, ada empat pasangan yang mendaftar. Yakni pasangan Elin Suharliah Abubakar-Maman S Sunjaya, Aa Umbara-Hengky Kurniawan, Doddy Imron Cholid-Sari Rohayati serta Ikeu Dewi Sartika-Uben Priatna.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat, Adie Saputro mengatakan, tes kesehatan tahap pertama di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dihadiri keempat pasangan.

"Hadir semua. kemarin (11/1) tes urin, MMPI dan psikologi," terangnya via pesan singkat, Jum'at (12/1/2018).

Tes kesehatan tahap kedua bagi pasangan calon akan berlangsung 15 Januari 2018. "Hasilnya diserahkan ke KPU tanggal 16 Januari," ujar Adie.

Ditegaskannya, hasil tes kesehatan menjadi salah satu syarat lolos atau tidaknya para pasangan ke tahapan berikutnya. Disamping tentunya persyaratan administrasi lainnya.
Setelah tes kesehatan, KPU Kabupaten Bandung Barat akan melakukan verifikasi pasangan calon, apakah pasangan calon kepala daerah lolos atau tidak untuk maju ke Pilkada 2018 hingga 27 Januari 2018.

Penetapan para pasangan calon sendiri akan dilaksanakan 12 Februari 2018.