Jumat, 10 Mei 2024 14:30

Amankan WWF di Bali Korlantas Polri Terjunkan 2.446 Personil

Penulis : Bubun Munawar
Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan memberikan keterangan pers penempatan prsonil di KTT WWF Bali
Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan memberikan keterangan pers penempatan prsonil di KTT WWF Bali [Korlantas Polri]

Limawaktu.id, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan, Pada Konfrnsi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF)  2024 di Bali,  akan melaksanakan kegiatan operasi Puri Agung 2024.

Korlantas menjadi bagian dari satgas operasi termasuk dalam Satgas Pamwalrolakir pengamanan pengawalan rute dan berparkiran,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (10/5/2024).

Bahkan dia sudah melepas petugas Polro Korlantas dan POlantas Nusantara sebagai Personel Pengamanan dan Pengawalan Rute Lalu Lintas dan Parkir Pamwalrolakir Dalam Rangka Pam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) Ke-10 tahun 2024 di Bali.

Menurutnya, petugas Polri Korlantas dan Polantas Nusantara akan di BKO di beberapa Polda Bali.

“Dalam memastikan keamanan WWF di Bali, 2.446 personel dikerahkan dan Korlantas sendiri mem-BKO kan 1.530 personel dimana 10 Mei akan diberangkatkan serentak seluruh Polda ke Bali. Dan 310 unit kendaraan roda dua, roda empat baik listrik maupun fosil di BKO ke Bali,” katanya.

Dia menyebutkan, pihaknya akan mengerahkan 2.446 personil, dari korlantas sendiri akan di BKO 1.530 personil ke Polda Bali.

“Hari ini, 10 Mei kita akan berangkatkan serentak dari seluruh Polda ke Bali,” sebut Aan.

Tak hanya itu, kata Aan, pihaknya akan mem BKO kan 310 unit kendaraan baik itu roda dua, roda empat, listrik maupun fosil, karena untuk kepala negara dan tingkat kepala negara atau yang mewakili kepala negara itu untuk pengawalannya menggunakan kendara listrik.

KTT WWF dihadiri 17.000 delegasi yang akan melaksanakan kegiatan di Bali tentu persiapan-persiapan sudah di antisipasi untuk pengamanan.

“Untuk pengawalan kepala negara maupun yang mewakili kepala negara kita akan melakukan ke paspampres sehingga nanti pada pelaksanaannya untuk pengamanan pihak VIP di bawah kendali operasi dari TNI Kemudian untuk pengamanan VIP atau delegasi yang lain kegiatan side event akan dikelola oleh Polri,” tegasnya.

Rekayasa lalu lintas di beberapa jalur akan diterapkan, baik yang mengarah Garuda Wisnu Kencana (GWK), lokasi parkir Buffer Zone.

“Kepada masyarakat Bali tentu bukan hal yang pertama pelaksanaan event internasional, keberhasilan acara ditentukan oleh masyarakat nanti jadi sama-sama kita dukung untuk pelaksanaan kelancaran pelaksanaan KTT WWF yang ke-10 di Bali,” pungkasnya.

Baca Lainnya