Kamis, 20 Desember 2018 14:10

Amankan Natal dan Tahun Baru, Seribu Lebih Personel Gabungan Diterjunkan

Reporter : Fery Bangkit 
Petugas gabungan yang melaksanakan 'Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018' di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi, Kamis (20/12/2018).
Petugas gabungan yang melaksanakan 'Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018' di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi, Kamis (20/12/2018). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Petugas gabungan dari Polri, TNI dan unsur pemerintah daerah akan memfokuskan pengamanan di tempat-tempat ibadah dan tempat wisata jelang Natal dan Tahun Baru 2019.

Sebagai persiapan, petugas gabungan yang melaksanakan 'Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018' di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi, Kamis (20/12/2018).

Baca Juga : Libur Natal dan Tahun Baru, Truk Barang Dilarang Beroperasi, Kecuali......

Apel bersama itu turut dihadiri Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna">Ajay Muhammad Priatna, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana">AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, Kejari Cimahi Harjo dan berbagai tamu undangan lainnya baik dari unsur Pemerintah Kota Cimahi, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan stakeholder lainnya.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, petugas gabungan dari Polri, TNI dan unsur pemerintah daerah yang diterjunkan mencapai 1.300 personel.

Baca Juga : Jangan Macam-macam, 830 Personel Bakal Jaga Ketat Cimahi KBB Saat Natal dan Tahun Baru

"Masing-masing personel sudah di-floating sesuai penempatannya," kata Rusdy.

Untuk pengamanan tempat ibadah atau gereja yang akan merayakan Natal 2018, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tokoh agama setempat. Selain itu, kata Rusdy, pihaknya akan melaksanakan sterilisasi ke tempat-tempat ibadah.

Baca Juga : Mau Liburan Natal dan Tahun Baru di Lembang, Baca Imbauan dari Polisi!

"Penempatan dan pengamanan disesuaikan berdasarkan evaluasi operasi lilin tahun lalu," katanya.

Selain tempat ibadah, fokus selanjutnya ialah tempat wisata. Khususnya di wilayah Lembang, KBB">KBB. Baik untuk antisipasi kemacetan maupun antisipasi kejahatan.

"Timsus penanggulangan kemacetan sudah kami siapkan, untuk antisipasi kejahatan jalanan sudah kami siapkan," imbuh Rusdy.

Selanjutnya, kata dia, apabila ada peristiwa yang mengancam jiwa petugas, pihaknya tak segan untuk melakukan tindakan tegas seperti tembak di tempat. "Kami sudah perintahkan apabila ada ancaman yang membahayakan, akan kami tindak tegas dan terarah," tandasnya.

Baca Lainnya