Senin, 24 Januari 2022 21:40

Alumni Fakultas Tarbiyah Unisba Harus Bersinergi dengan Almamater

Reporter : Bubun Munawar
Zaki Zimatullah Zulfikar (bercelana jeans) terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Fakultas Tabiyah, saat Kongres ke-2 , di Bandung, belum lama ini.
Zaki Zimmatillah Zulfikar (bercelana jeans) terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Fakultas Tabiyah Unisba, saat Kongres ke-2 , di Bandung, belum lama ini. [Istimewa]

Limawaktu.id,- Lulusan sebuah perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi alamamater tempat mereka menuntut ilmu, karenanya selain mengembangkan wawasan keilmuannya ditengah masyarakat, juga tidak melupakan almamaternya.

“Ditengah perkembangan zaman yang begitu cepat, alumni Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Bandung harus mampu meningkatkan wawasannya, sehingga memiliki kreativitas yang cukup dalam melakukan proses pembelajaran di masyarakkat. Sebab jika alumni yang menjadi guru tidak kreatif, maka akan ketinggalan,” terang Ketua Ikatan Alumni Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Bandung (Unisba) yang terpilih secara aklamasi masa bakti 2022-2027, Zaki Zimmatillah Zulfikar, kepada Limawaktu, id , Senin (23/1/2022).

Menurut dia, tak hanya mengabdikan dirinya ditengah masyarakat, alumni juga harus diberdayakan sehingga memiliki kemampuan yang memadai ketika melaksanakan tugasnya, sesama alumni juga harus memberikan kontribusinya baik untuk almamater atau kepada sesama alumni ataupun bagi para mahasiswa yang masih berlajar.

“Saya sudah memulai dengan mengajak alumni Fakultas Tarbiyah Unisba untuk mengajar di lembaga pendidikan yang saya kelola, yang lain juga ada yang mengajak alumni untuk bekerja di kegiatan bisnisnya, ” sebutnya.

Menanggapi terpilihnya sebagai Ketua Ikatan Alumni Fakultas Tarbiyah, Zaki mengungkapkan, hal ini merupakan sebuah musibah sekaligus kepercayaan dari para alumni. Ini menjadi tantangan baginya untuk menjalankankan apa yang menjadi keinginan para alumni, almamater serta para mahasiswa.

“Kami akan membangun sinergitas dengan fakultas, alumni dan mahasiswa sehingga terjadi kolaborasi yang baik,” bebernya.

Kedepan, Ikatan Alumni ini akan melakukan kegiatan kegiatan pelatihan sehingga alumni selain mampu mengajar juga memiliki jiwa kewirausahaan seperti pelatihan jurnalistik  bagi mahasiswa, pelatihan menjadi barista, atau yang berkaitan dengan akademik.

“Setelah kepengurusan terbantuk, program tersebut akan dimatangkan dalam rapat kerja,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, akan dilakukan komunikasi dengan sesaama alumni, untuk mendapatkan masukan pemikiran agar bisa merangkul seluruh angkatan, baik angkatan termuda ataupun angkatan tertua, melakukan diskusi dengan fakultas serta BEM, sehingga tak ada keterputusan antara alumni dan almamater.

Sementara, Dekan Fakultas Tarbiyah Unisba, Enoh mengatakan, para alumni harus menguasai teknologi komunikasi, sehingga saat mengamalkan ilmunya teknolohi komunikasi ini menjadi bagian  kemampuan alumni saat melaksanakan proses pembelajaran.

Alumni Fakultas Tarbiyah Unisba yang sudah  tersebar ditengah masyarakat ini dikenal memiliki jiwa Mujahid, Mujtahid dan Mujaddid (3M).

“Alumni harus memilki sikap keteladanan, sehingga tak hanya mengajak kepada orang lain dengan cara lisan tetapi juga dengan perbuatan nyata,” katanya.

Para alumni  juga bisa profesional, menjadi kreator, dan innovator serta mampu memanfaatkan teknologi sebagai sumber pembelajaran.

“Saya harapkan Ketua Ikatan Alumni yang baru dapat melanjutkan apa yang telah dilakukan periode sebelumnya, menjadi semakin kuat dan bisa bermitra dengan almamaternya,” pungkasnya.

 

Baca Lainnya