Selasa, 2 April 2019 12:56

Alhamdulillah, Satu Keluarga Lolos dari Longsoran Semalam

Reporter : Fery Bangkit 
Rumah milik Pasutri Udin dan Suhartini di Kp Cijeungjing RT 4 RW 22 yang tertimpa material longsor pada Senin (1/4/2019).
Rumah milik Pasutri Udin dan Suhartini di Kp Cijeungjing RT 4 RW 22 yang tertimpa material longsor pada Senin (1/4/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Pasangan Suami Istri (Pasutri), Udin (40) dan Suhartini (39) mengaku sempat cemas saat material longsoran menimpa rumah miliknya di Kp Cijeungjing RT 4 RW 22 Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Senin (1/4/2019) sekitar pukul 22.00 WIB. 

Untungnya, semua isi rumah bisa menyelamatkan diri sebelum material longsor menerjang bagian rumah seluas 5x10 meter tersebut. Sontak seisi rumah segera keluar, dan mendapati suaminya sedang terengah-engah menggendong anaknya. 

Baca Juga : Cuaca Ekstrim, Pergerakan Tanah Hingga Longsor terjadi di KBB

"Kebetulan saya sedang berada di rumah orang tua, tapi saya dengar suara gemuruh di luar. Hujannya deras," kata Suhartini, Selasa (2/4/2019).

Berdasarkan pantauan di lokasi, bagian belakang rumah Suhartini jebol yang tembus ke ruang tidur. Rumahnya memang berada di lembah yang berada di bawah tebing setinggi 30 meter.

Baca Juga : Hujan Semalam, Rumah Warga di KBB Menggantung di Bibir Tebing

Kepala Desa Kertamulya Hendi Darmana, mengatakan, kondisi rumah yang ditinggali keluarga Suhartini memang terbilang rawan bencana.

"Kami sekarang masih melakukan pendataan terkait warga urban yang tinggal di area rawan bencana, tentunya sekarang kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait," ujar Hendi didampingi Babinsa Desa Kertamulya Sertu Karyawan.

Baca Juga : Longsor dan Tembok Roboh Lukai Lima Warga Cisarua Bandung Barat

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo melalui petugas lapangan Rudi, mengatakan kejadian tersebut terjadi karena curah hujan yang tinggi. 

"Sementara ini, keluarga yang terdampak rumahnya dievakuasi ke rumah saudara," ujarnya.

Baca Lainnya