Kamis, 9 Juli 2020 13:49

Alarm Masjid Bunyi di Cimahi, Ternyata Oh Ternyata

Penulis : Fery Bangkit 
ilustrasi pencurian kotak amal.
ilustrasi pencurian kotak amal. [Net]

Cimahi - Seorang pemuda yang diketahui bernama Sandi Meindra (21), warga Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi nyaris jadi bulan-bulanan warga usai dipergoki mencuri kotak amal masjid.

Pemuda pengangguran mencuri kotak amal di masjid yang tak jauh dari rumahnya pada Kamis (9/7/2020) sekitar pukul 01.45 WIB.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Baros Bripka Saepudin mengungkapkan pelaku dipergoki warga yang mendengar suara alarm masjid. Seorang warga yang lokasinya rumahnya berdekatan dengan masjid kemudian keluar rumah dan melihat pelaku membuang gembok.

"Kemudian dicek, ternyata pintu masjid sudah terbuka. Dicek juga kas masjid ternyata sudah dijebol. Ada warga lain yang melihat pelaku membuang gembok dan masuk ke dalam gang lalu dikejar warga," ungkap Saepudin, Kamis (9/7/2020).

Warga kemudian mengejar pelaku dan mengamankannya. Setelah diamankan, warga lalu menginterogasi dan menggeledah pelaku. 

"Diamankan warga lalu digeledah. Ada uang receh yang diduga memang uang dari kas masjid yang dicuri. Uangnya enggak banyak, kurang dari Rp 50 ribu," tuturnya.

Warga kemudian menghubungi pihak kepolisian lantaran semakin banyak yang berkerumun dan menghindari amuk massa. Pihak kepolisian yang tiba di lokasi tak lama setelah menerima laporan kemudian membawa pelaku ke Mapolsek Cimahi.

"Pelaku langsung dibawa ke Polsek Cimahi untuk diperiksa lebih lanjut. Tidak ada main hakim sendiri dari warga, hanya sempat diamankan saja dan ditanyai," terangnya.

Pihaknya mengimbau agar warga mengintensifkan pelaksanaan siskamling untuk meminimalisir potensi pencurian. Selain itu melengkapi masjid dengan CCTV.

"Sebetulnya sudah bagus dengan alarm, mungkin bisa ditambah CCTV. Warga juga perlu melaksanakan siskamling, karena sasarannya bisa saja rumah warga lainnya," tandasnya.

Baca Lainnya