Selasa, 11 Oktober 2022 22:20

Akui APK PAUD Jabar Rendah, Atalia Praratya Kamil Raih Penghargaan

Reporter : Iman Nurdin
Bunda PAUD Jabar Atalia Praratya Kamil bersama bunda PAUD kota/Kab setelah mendapatkan penghargaan di Aula Gedung Sate, Selasa (11/10/2022).
Bunda PAUD Jabar Atalia Praratya Kamil bersama bunda PAUD kota/Kab setelah mendapatkan penghargaan di Aula Gedung Sate, Selasa (11/10/2022). [Iman Nurdin]

Bandung (limawaktu.id) -- Bunda PAUD Atalia Praratya Kamil mengakui Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD Jabar kita rendah diantara PAUD di pulau Jawa. Hal ini salah satunya karena pendataan kurang optimal.

"Mudah-mudahan kita tingkatkan, karena pokja PAUD sudah ada di tingkat Kecamatan dan Desa, " kata Bunda PAUD Atalia Praratya Kamil dalam Acara Rakorprov Pokja Bunda PAUD Tahun 2022, di Aula Timur Gedung Sate, Bandung, Selasa (11/10/2022).

Selain itu, kata Atalia, di masa pandemi tahun 2020-2021, PAUD di Jabar banyak yang tutup. Orang tua pun tidak ada yang mau menitipkan anaknya untuk disekolahkan di PAUD.

"Insya Allah kita tingkatkan di tahun 2022 ini kita akan meningkatkan APK Paud kita," katanya.

Meski demikian,sebagai Bunda PAUD Provinsi Jawa Barat, Atalia meraih penghargaan Wiyata Dharma Madya pada Kategori Bunda PAUD Tingkat Provinsi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Penyerahan penghargaan diberikan oleh Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbudristek Komalasari pada Acara Rakorprov Pokja Bunda PAUD Tahun 2022 dan penyerahan Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2021.

Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2021 dan penyematan Lencana Bunda PAUD tersebut bukan hanya untuk tingkat provinsi, melainkan juga tingkat kabupaten/ kota, hingga kelurahan dan desa.

"Alhamdulillah, ada penghargaan apresiasi Bunda PAUD, ini menunjukan perhatian khusus dari pemerintah pusat," kata Atalia.

"Yakni terkait apa yang sudah dilakukan oleh daerah baik di tingkat Provinsi Jawa Barat, Kabupaten/ Kota sampai Kelurahan dan Desa," imbuhnya.

Atalia mengungkapkan pula, dengan Rakorprov Pokja PAUD ini diharapkan 27 Pokja PAUD se-Kabupaten/ Kota di Jabar bisa bergerak bersama secara harmoni demi meningkatkan aset dan mutu pelaksanaan PAUD di wilayah Jawa Barat.

"Diharapkan program-program berjalan searah. Begitu ada 27 Pokja PAUD Kota/ Kabupaten dengan 27 Bunda PAUD bisa bekerja sama, bergerak beriringan secara harmoni untuk meningkatkan aset dan mutu pada pelaksanaan PAUD di Jawa Barat," pungkasnya.

Berikut daftar penerima Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2021 dan penyematan Lencana Bunda PAUD:

1. Bunda Atalia Praratya Kamil meraih predikat Wiyata Dharma Madya pada Kategori Bunda PAUD Tingkat Provinsi.

2. Bunda PAUD Kabupaten / Kota di Jabar:
a. Bunda Ika Siti Rahmatika (Bunda PAUD Kabupaten Kuningan) meraih predikat Widya Dharma Utama.

b. Bunda Siti Muntamah (Bunda PAUD Kota Bandung Periode 2018-2021) meraih predikat Widya Dharma Madya.

c. Bunda Susi Gantini (Bunda PAUD Kabupaten Sumedang) meraih predikat Widya Dharma Pratama.


3. Bunda PAUD Tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan:

a. Bunda Aneu Susimi Hilmi (Bunda PAUD Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung) meraih predikat Teladan 1.

b. Bunda Frina Shaurin (Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok) meraih predikat Teladan 1.

 

Baca Lainnya

Topik Populer