Selasa, 23 Februari 2021 16:04

Akibat Tanah Longsor Empat Desa di Purwakarta Terisolir

Reporter : Wawan Gunawan
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membahas tanah longsor di lokasi bencana
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membahas tanah longsor di lokasi bencana [Istimewa]

Limawaktu.id,- Terjadinya beberapa kali tanah longsor di Kabupaten Purwakarta mengakibatkan empat Desa di wilayah tersebut terisolir. Empat Desa yang terisolir tersebut masing-masing Desa Kaertamanah, Ciririp, Sukasari dan Parungbantreng.

“  Untuk masyarakat yang tinggal di 4 desa yang terisolir, bisa menggunakan jalur alternatif lainnya. Seperti Desa Kertamanah dan Desa Ciririp, bisa melewati jalur Loji via Karawang, dan untuk warga di Desa Sukasari dan Parungbanteng bisa melewati jalur Sukamukti Maniis,” ungkap Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, usai meninjau lokasi longsor, Selasa (23/2/2021).

Dia menyebut, akhir pekan lalu, terjadi terjadi beberapa kali longsor di Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari, Purwakarta, dirinya Bersama jajara Dinas  PUBMP Kabupaten Purwakarta meninjau langsung lokasi longsor di sana.

 “Terdapat empat titik longsor, namun yang paling parah berada di Kp. Ciputat. Longsoran tersebut menyebabkan akses Sukasari-Jatiluhur terputus dan tidak dapat dilalui sama sekali, karena jalan amblas dan bergeser,” sebutnya.

 Dikatkannya, Untuk sementara waktu, pengendara roda dua  bisa menggunakan jalur alternatif yang ada. Kita akan menyiapkan dan memadatkan jalur tersebut, supaya bisa lebih mudah dilalui oleh masyarakat. Terkait perbaikan jalan yang amblas, kita akan menunggu assessment dari Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga.

 “Kalau kontur tanah di sana memungkinkan untuk dilakukan perbaikan, kita akan melakukan perbaikan di jalan tersebut. Tapi kalau tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan, maka kita akan membuka jalan alternatif lain,” pungkasnya

 

Baca Lainnya