Senin, 8 April 2019 18:58

Akan ada Flora dan Fauna Baru Taman Kehati Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Lokasi Pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi
Lokasi Pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi [ferybangkit]

Limawaktu.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mewacanakan, Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) akan dijadikan tempat konservasi, sekaligus wisata edukasi bagi pengunjung.

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochammad Ronny mengatakan, Taman Kehati nantinya akan diisi oleh keanekaragaman flora seperti berbagai tanaman konservasi. Selain itu, dengan adanya flora nanti, diharapkan muncul fauna baru.

Baca Juga : Sewa Konsultan Kajian Kehati, DLH Siapkan Rp 400 Juta

"Dengan flora, saya yakin ada fauna baru, ada populasi yang muncul seperti burung," kata Ronny saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Senin (8/4/2019).

Pengembangan Kehati sendiri akan dimulai tahun ini. Tahap awal, DLH Kota Cimahi akan menyewa jasa konsultan untuk kajian Detail Enggineering Design (DED). Anggaran yang disiapkan untuk DED mencapai Rp 400 juta.

Taman Kehati termasuk ke dalam Kawasan Bandung Utara (KBU). Total aset tanah yang dimiliki Pemkot Cimahi itu mencapai 5 hektare. Untuk saat, lahan itu dimanfaatkan warga sekitar untuk ditanami berbagai jenis sayuran.

Selain untuk tempat wisata edukasi dan menjaga Ruang Terbuka Hijau (RTH), lanjut Ronny, tujuan pengembangan Kehati juga untuk menjaga resapan air di Kota Cimahi. "Selain untuk taman kreatif, dimana ada flora dan fauna, fungsi utamanya juga sebagai resapan air," tandasnya.

Baca Lainnya