Jumat, 8 Januari 2021 18:07

Akademi Persib Putri Digenjot Latihan Khusus Kebugaran

Reporter : Bubun Munawar
pelatih akademi persib putri iwan bastian sedang memberikan instruksi kepada pemain
pelatih akademi persib putri iwan bastian sedang memberikan instruksi kepada pemain [persib.co.id]

Kota Bandung,- Pelatih Akademi PERSIB Putri, Iwan Bastian berencana menambah kekuatan fisik pemainnya. Caranya dengan memberi sesi latihan khusus kebugaran kepada pemain sekali dalam sepekan. Penguatan fisik pemain menjadi catatan tim pelatih pada evaluasi akhir tahun lalu.  

 "Rencananya, pekan depan kami akan tambah menu latihan fisik. Kami akan bawa pemain ke pusat kebugaran. Tentu saja dengan memperhatikan protokol kesehatan," kata Iwan, dikutip Persib.Co.id, Jum'at (8/1/2021).  

Meski demikian, kata Iwan, penguatan fisik pemain tidak melulu dilakukan dengan mengangkat beban. Satu cara lainnya akan ia terapkan kepada pemain di dalam sesi latihan reguler.

"Latihan fisik dengan bola masih akan kami terapkan. Kami akan padukan dengan program lainnya seperti latihan teknik yang selama ini kami berikan kepada pemain," jelas pria yang akrab disapa Ibas itu.

Sedangkan Pandu Satiagraha yang menjadi analis dari tim Pangeran Biru menjelsakan soal  fungsi dan peran teknologi catapult terhadap perfoma pemain Pangeran Biru.
Menurut dia, teknologi catapult sangat penting bagi atlet. Dengan teknologi ini, perfoma setiap pemain bisa terukur dengan data dan angka yang pasti.

"Jadi catapult ini adalah teknologi yang bisa melihat peningkatan atau penurun performa pemain dengan rompi GPS yang biasa dikenalan pemain saat latihan atau pertandingan," jelas Pandu.

Selain dapat melihat jarak tempuh, juga bisa memantau secara langsung heart rate (detak jantung) pemain dengan mudah.

"Menariknya, catapult juga membuat para pemain jadi termotivasi dan berlomba-lomba ingin memberikan yang terbaik di setiap latihan, jadi secara psikis ini sangat bagus," ungkap Pandu  

 

Baca Lainnya