Kamis, 9 Mei 2024 14:37

Adu Dogong Hantarkan Cimahi jadi Wakil Jabar di Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional

Penulis : Bubun Munawar
Tim DKKC berhasil menjuarai Festival Permainan dan Olahraga Tradisional (FPOT)  Tingkat Provinsi Jabar,dan berhak mewakili Jabar ke festival tingkat nasional.
Tim DKKC berhasil menjuarai Festival Permainan dan Olahraga Tradisional (FPOT) Tingkat Provinsi Jabar,dan berhak mewakili Jabar ke festival tingkat nasional. [Istimewa]

Limawaktu.id, Dalam rangka melestarikan serta memperkenalkan tradisi seni budaya daerah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat menggelar Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Jawa Barat 2024. Kegiatan hasil kolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat tersebut diselenggarakan di Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat, Kota Bandung, 6-7 Mei 2024.

“Dalam kegiatan tersebut alhamdulillah Kota Cimahi meraih prestasi terbaik dan berhak mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional, “ terang Kepala Disbudparpora Kota Cimahi, Ahmad Nuryana, Kamis (9/5/2024)

Dia Cimahi sangat bersyukur atas keberhasilan tim DKKC (Dewan Kebudayaan Kota Cimahi) yang telah berhasil menjuarai Festival Permainan dan Olahraga Tradisional (FPOT)  Tingkat Propinsi Jabar,, dan berhak mewakili Jabar ke festival tingkat nasional.

“Sekaligus juga kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim atas keberhasilan ini. Semoga pada Festival Tingkat Nasional di Sulawesi Kota Cimahi kembali meraih prestasi terbaik, ,” katanya.

Dia menjelaskan, Provinsi Jabar yang diwakili oleh Kota Cimahi mendapatkan prestasi tertinggi, sehingga Jabar khususnya Kota Cimahi semakin menunjukkan potensi dan keunggulan di berbagai bidang.

Ketua Dewan Kebudayaan Kota Cimahi (DKKC) Siti Yanti Abinthini menyebutkan, dalam Festival Permainan dan Olah Raga Tradisional Jawa Barat 2024.. Kota Cimahi mengirimkan kontingen kebudayaan untuk ikut serta dalam ajang tersebut.

Dengan dibantu arahan, gagasan dan ide dari Pakar DKKC dalam hal ini Bapak Hermana HMT, maka perwakilan Kota Cimahi menampilkan Permainan dan Olah Raga Tradisional yang merupakan muatan lokal kebudayaan Kota Cimahi yaitu Adu Dogong.

Didukung oleh para penata gerak dan penata artistik Kang Sobur dan Apih Ajat, dengan dilengkapi alunan musik pengiring dari group Siloka Sadjiwa.

“Maka menyatulah suatu karya Adu Dogong dalam bentuk seni pertunjukan yang ditampilkan pada Festival tersebut. Alhamdulillah dari 8 Kategori yang di perebutkan, perwakilan Kota Cimahi mendapat nilai yang bagus dari semua kategori dan menjadi Juara Penyaji Ktreatif Motekar Terbaik 2024, Yang mana bulan depan akan mewakili Jawa Barat di ajang Nasional,” sebutnya.

Kesuksesan ini merupakan kerjasama semua pihak serta dukungan dari Pemerintah Kota Cimahi yang terus selalu mensuport kegiatan-kegiatan kebudayaan dalam wadah DKKC.

Diharapkan permainan tradisional ini terus dikembangkan dan dilestarikan oleh setiap lapisan masyarakat apapaun jenis nya.

Tidak hanya itu kata Yanti, tak sekedar  sebagai sarana hiburan permainan tetapi juga merupakan pembelajaran generasi muda untuk memahami nilai-nilai kebudayaan, kebersamaan, ketekunan dan persaudaraan selain mengembangkan kecerdasan sosial, emosianal dan perkembangan tubuh.

“Permainan ini juga merupakan cara bagaimana kita meminimalisir anak-anak dalam penggunaan gadjet,” pungkasnya.

Baca Lainnya