Sabtu, 30 September 2017 18:49

Ade Ratmadja, ‘Jika masih bau, lingkungan tidak nyaman’

Reporter : Jumadi Kusuma
Ade Ratmadja
Ade Ratmadja [FB]

Limawaktu.id,- Uji laboratorium terhadap limbah PT. Ultra Jaya yang menyatakan masih dalam batas aman itu tidak salah, cuman dalam undang-undang lingkungan menyatakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat.

“Jadi tidak hanya aman (sehat) saja akan tetapi jika masih menimbulkan bau itu artinya lingkungan belum baik atau tidak nyaman, “ demikian pernyataan Ade Ratmadja, aktivis lingkungan yang saat ini tengah menggalakkan Gerakan Menanam Pohon (GMP) sejak 2012 lalu, Sabtu (30/9).

Baca Juga : Dinilai Ingkar Janji, Ratusan Warga Demo Ultra Jaya

Terkait dengan keluhan warga Gadobangkong yang merasa terganggu polusi pabrik susu Ultra Jaya, Ade yang juga founding father Komite Pembentukan Kabupaten Bandung Barat (KPKBB) menjelaskan, masalah lingkungan bukan hanya tanggungjawab perusahaan dan pemerintah tapi masalah bersama bahkan telah menjadi isu global yang harus disikapi bersama apalagi telah menimbulkan keresahan masyarakat.

Untuk itu mari kita duduk bersama mencari solusi supaya masalahnya cepat tuntas, "Sekarang sudah ada cairan hasil rekayasa teknologi untuk limbah agar tidak menimbulkan bau, produk tersebut hasil karya anak bangsa. Jadi tidak usah jauh- jauh ke Jerman," tandasnya. (jk)

Baca Lainnya