Kamis, 25 April 2019 16:13

Adakah Dampak Benny Bachtiar dalam Lelang Jabatan Sekda Kota Cimahi?

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna.
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Sebanyak delapan Aparatur Sipil Negara (ASN) melamar menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi melalui seleksi terbuka atau open bidding. Pendaftaran dibuka 9-23 April 2019. 

Selain posisi Sekda, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi juga melelang jabatan untuk pengisian Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Kasatpol PP dan Damkar) serta Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Cimahi.

Baca Juga : Beli Motor dan Gerobak Sampah, Pemkot Cimahi Kucurkan 'Duit' Hingga Rp 2 M Lebih

"Jumlah pendaftar itu 21 orang. Sekda 8 orang, Satpol PP 9 orang, Dishub 4 orang," terang Kepala Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, Ahmad Saefulloh, Kamis (25/4/2019).

Dikatakannya, pada seleksi terbuka tahun ini, panitia membuka kesempatan bagi ASN yang memenuhi syarat. Bukan hanya berlaku bagi ASN di Kota Cimahi, tapi juga bagi ASN wilayah lain dengan mengirimkan surat undangan.

Baca Juga : Silaturahim Ala Pemkot Cimahi Bersama Para Milenial

Namun hingga batas akhir pendaftaran dan penerimaan berkas persyaratan, tidak ada satupun pelamar dari luar Kota Cimahi. Seluruh pelamar berasal dari lingkungan Pemkot Cimahi. Termasuk pelamar posisi Sekda Kota Cimahi.

"Dari internal. Belum ada yang daftar dari luar," ucapnya.

Baca Juga : Buka Lowongan Ditengah Pemilu, Jabatan Sekda Cimahi Masih Sepi Pelamar

Salah satu yang mendaftar menjadi Sekda Kota Cimahi adalah Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Benny Bachtiar yang mendapat surat edaran dari Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna untuk ikut open bidding.

Ajay pun mengaku sebelumnya sudah mengeluarkan surat edaran agar para pejabat mengikuti seleksi terbuka untuk pengisian Sekda, Kasatpol PP dan Kadishub Kota Cimahi. Termasuk bagi Benny Bachtiar. Namun, ia membantah surat edaran itu sebuah paksaan.

Baca Juga : Pemkot Cimahi Tunggu Kebijakan Presiden Terpilih Soal Perubahan SOTK

"Bukan disuruh, tapi diimbau. Ada kesempatan untuk mengembangkan karir karena ada open bidding, akhirnya saya imbau kesempatannya untuk digunakan," jelasnya.

Benny sendiri merupakan nama yang tengah hangat diperbincangkan. Tahun kemarin ia masuk tiga besar dan terpilih menjadi Sekda Kota Bandung. Tapi, Wali Kota Bandung Oded M Danial membatalkan pemilihan Benny. Alasannya, karena tidak direstui ASN dan DPRD Kota Bandung. Selain itu, Benny bukan ASN Kota Bandung kota kembang itu.

Menanggapi hal itu, Ajay menampik bahwa sepinya pelamar dari luar Cimahi untuk mengisi jabatan Sekda, Satpol PP dan Kadishub Kota Cimahi bukan karena kejadian pemilihan Sekda di Kota Bandung.

"Saya gak tau, tapi mudah-mudahan tidak," ucapnya.

Untuk proses open bidding di Cimahi, para pelamar sendiri masih akan mengikuti berbagai tahapan lelang jabatan yang sudah dijadwalkan. Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, mereka akan mengikuti seleksi kompetensi bidang, seleksi kompetensi manajerial atau assesment, seleksi kompetensi bidang atau wawancara sebelum akhirnya disampaikan ke Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Setelah disampaikan ke PPK, dalam hal ini Wali Kota Cimahi, para pelamar yang lolos harus menjalani tes kesehatan. Kemudian, hasilnya diserahkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), hingga akhirnya dilantik.

Baca Lainnya