Senin, 27 Mei 2019 12:46

Ada Puskesmas 24 di Bandung Barat Selama Libur Lebaran 2019

Reporter : Fery Bangkit 
Pihak BPJS saat ditemui di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Cimahi, Jln. Sangkuriang, Senin (27/5/2019).
Pihak BPJS saat ditemui di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Cimahi, Jln. Sangkuriang, Senin (27/5/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan seluruh fasilitas kesehatan di Bandung Barat tetap siaga membuka pelayanan saat libur lebaran 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi pelayanan Kesehatan Rujukan dan Jaminan Kesehatan pada Dinas Kesehatan KBB, Lia Nurliana Sukandar saat ditemui di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Cimahi, Jln. Sangkuriang, Senin (27/5/2019).

Baca Juga : Pemudik, Jangan Mendahului Sembarangan di Jalur Cikawet, Bahaya!

"Intinya, seluruh pelayanan kesehatan di KBB siap melayani masyarakat selama libur lebaran," tegas Lia.

Seperti diketahui, libur lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah dimulai 29 Mei mendatang dan akan berakhir 10 Juni. 

Baca Juga : Catat! Angkutan Barang Dilarang Melintas di Cimahi Ditanggal ini

Untuk pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas), ada 32 unit yang siaga melayani masyarakat. Puskemas itu tetap membuka pelayanan selama libur nanti.

"Kecuali pas hari H lebaran," ucapnya.

Baca Juga : Mudik Nyaman, Fasilitas Kesehatan di Seluruh Wilayah Siap Layani Peserta JKN-KIS! 

Dari 32 Puskemas yang disiagakan, ada beberapa unit di antaranya bakal dibuka selama 24 jam. Puskemas yang buka pelayanan 24 jam adalah Puskesmas Padalarang, Tagog Apu, Cisarua, Lembang, Sindangkerta, Cihampelas, Cisangkan Girang dan Cimareme  

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan enam unit Puskemas yang dilengkapi dengan ruang perawatan yang tersebar di 16 kecamatan se-Bandung Barat. Yakni Puskemas Gununghalu, Cililin, Saguling, Jayagiri, Rajamandala dan Cikalong Wetan.

"Tentunya dilengkapi dengan tenaga medis, seperti perawat dan dokter," ujar Lia.

Selain Puskesmas, rumah sakit juga dinyatakan siap melayani pasien selama musim libur lebaran tahun ini. Di antaranya Rumah Sakit Lembang, Rumah Sakit Cikalong Wetan, Rumah Sakit Cililin, Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan, Rumah Sakit Kharisma, IMC dan Rumah Sakit Kartini.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cimahi, Idham Kholid mendukung penuh kebijakan pemerintah daerah untuk membuka pelayanan selama cuti lebaran 2019. Sebab, dengan dibukanya pusat layanan kesehatan itu akan memudahkan para pemudik yang tercover BPJS Kesehatan untuk memperoleh pelayanan.

"Kalau keadaan daurat, seluruh fasilitas kesehatan wajib meyalani," katanya. 

Baca Lainnya