Kamis, 15 November 2018 16:24

Ada ODGJ, Lapor ke RT/RW Hingga Petugas Kesehatan

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi
ilustrasi [istimewa]

Limawaktu.id, Cimahi - Dinas Kesehatan Kota Cimahi meminta peran aktif dari masyarakat agar melaporkan kasus orang yang mengalami Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Fitriani Manan mengatakan, jangan sampai masyarakat menyembunyikan anggota keluarganya yang memang terindikasi mengalami gangguan jiwa. Apalagi sampai memasungnya. Kasus itu pernah ditemukan pihaknya ketika melakukan pendataan ke lapangan.

Baca Juga : 13 Puskesmas di Cimahi Siap Layani pasien ODGJ

"Terkadang orang-orang yang seperti itu disembunyikan keluarganya. Ada juga keluarga, karena dia malu keluyuran terus akhirnya dipasung. Jadi, kalau ada yang seperti itu lapor saja," ujar Fitriani saat dihubungi via sambungan telepon, Kamis (15/11/2018).

Dikatakannya, jalur pelaporan untuk mendata penanganan petugas kesehatan ialah masyarakat/keluarga melaporkan adanya kasus gangguan jiwa ke aparat kewilayahan seperti RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Dinas Sosial">Dinas Sosial maupun Tim Reaksi Cepat (TRC).

Baca Juga : Waduh, 700 Lebih Warga Cimahi Alami Gangguan Jiwa

"Kemudian, ODGJ kontak dengan petugas Puskemas setempat atau mendatangkan petugas PKM ke lokasi untuk dilakukan pemeriksaan," jelas Fitriani.

Setelah dilakukan pemeriksaan, maka tindakan medis akan dilakukan sesuai kebutuhan atau kondisi pasien. Jika dibutuhkan untuk penanganan lebih, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit yang memiliki dokter spesialis jiwa.

Jika di rumah sakit mengindikasikan bahwa pasien harus dirawat inap, maka Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Sosial akan membawanya ke panti rehabilitasi jiwa.

"Kalau dia sudah ngamuk dan harus dirawat ya kita bawa ke Cisarua (Rumah Sakit Jiwa)," tandas Fitriani.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi, capaian ODGJ berat yang ditemukan sepanjang Januari-September 2018 mencapai 731 orang. 

Dalam jangka waktu sama, jumlah ODGJ yang dilayani sesuai dengan standar mencapai 728 orang, dari jumlah penduduk Kota Cimahi berdasarkan estimasi sebanyak 608.458 jiwa.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer