Jumat, 10 November 2017 21:36

Abubakar Ajak Generasi Muda Meneladani & Menghargai Pahlawan

News Hari Pahlawan
Bupati KBB Abubakar menyimpan karangan bunga di makam pahlawan tak dikenal di Kampung Sukamaju.
Bupati KBB Abubakar menyimpan karangan bunga di makam pahlawan tak dikenal di Kampung Sukamaju. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2017 tingkat Kabupaten Bandung Barat (KBB), Pemerintah setempat melakukan upacara dan tabur bunga di 13 makam pahlawan tak dikenal yang berada di Kampung Sukamaju, Desa Batujajar Barat, KBB.

Dalam peringatan dan mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan itu, hadir Bupati Bandung Barat Abubakar, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, dan Dandim 0609 Letkol Arh. A. Andre Wira Kurniawan, Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra, para Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Makam tak dikenal itu merupakan para pahlawan yang gugur saat mempertahankan daerah yang kini Markas Komando Pasukan Khusus (Kopasus). Markas itu awalnya menjadi markas Belanda dan coba dipertahankan sebagai aset bangsa.

Bupati Abubakar mengungkapkan, sebagian wilayah KBB adalah daerah pertempuran pada masa perjuangan, makanya tak heran ada beberapa makam pahlawan tak dikenal. Untuk itulah, melalui momen Hari Pahlawan ini dirinya mengajak, khususnya generasi muda agar meneladani dan menghargai apa yang telah diperjuangkan para pendahulu.

Bangsa Indonesia harus sejajar dengan bangsa lain yang sudah merdeka. Apalagi bangsa ini sudah dikenal sebagai bangsa yang merintis terselenggaranya Konferensi Asia Afrika yang menjadi gerakan internasional. Sehingga mendorong lahirnya negara-negara merdeka baik di Asia dan juga Afrika.

"Seperti mengutip pernyataan Presiden Soekarno, bahwa perang jaman dulu lebih mudah karena musuhnya jelas kaum penjajah. Tapi perang jaman sekarang lebih sulit, sebab yang menjadi musuh adalah diri sendiri dalam mengisi kemerdekaan," tegasnya. (jk)*

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

OK

10 November 2017 15:11 Balas