Sabtu, 4 Maret 2023 21:20

ABK KM Samudera Jaya 01 yang Terjatuh di Perairan Patimban Belum Ditemukan

Reporter : Wawan Gunawan
Tim SAR melakukan pencarian seorang anak buah kapal (ABK) KM Samudera Jaya 01 yang dilaporkan terjatuh di Perairan Patimban Subang
Tim SAR melakukan pencarian seorang anak buah kapal (ABK) KM Samudera Jaya 01 yang dilaporkan terjatuh di Perairan Patimban Subang [Instagram@basarnasjabar]

Limawaktu.id,- Tim SAR Gabungan telah melaksanakan pencarian terhadap seorang anak buah kapal (ABK) KM Samudera Jaya 01 yang dilaporkan terjatuh di Perairan Patimban Subang selama 3 hari proses pencarian dengan hasil pencarian masih nihil.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril S.E., M.M menyebut Tim SAR Gabungan hari ini telah melaksanakan pencarian sesuai dengan rencana operasi SAR yaitu dengan membagi tim menjadi 2 Search and Rescue Unit (SRU) yaitu SRU 1 menggunakan LCR Basarnas dan Kapal KPL POL VIII 1004 melakukan Penyisiran pada area pencarian sesuai dengan SAR Map Prediction terkait perkiraan sebaran korban dengan luas area pencarian 108 Nautical mile, sedangkan SRU 2 menggunakan LCR ERT dan LCR BPBD Subang melakukan Penyisiran di area perkiraan sebaran korban dengan luas area pencarian 76 Nautical mile.

Menurut Komandan Tim Rescue Pos SAR Cirebon Edy Pamungkas, kendala yang dihadapi Tim SAR Gabungan pada saat pencarian yaitu cuaca di lokasi pencarian menjelang sore seringkali hujan dan tinggi gelombang yang mencapai 1 hingga 2 meter.

“Adapun korban dalam pencarian bernama Casnamin (41) warga Dusun. Sukarasa Rt/16 Rw/03 kelurahan Karang anyar Kecamatan Pusaka Jaya Kabupaten  Subang,” sebutnya.

Unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas (Pos SAR Cirebon), Ditpolairud Polda Jabar,Satpolairud Subang, Pos TNI AL Blanakan, BPBD Subang, ERT, Relawan Indramayu, Mapala Subang dan Warga Desa Karanganyar. Dengan alut yang digunakan antara lain 1 Unit LCR Basarnas, 1 Unit LCR BPBD Subang, 1 Unit LCR ERT, 1 Unit Aquaeye, 1 Unit Under Water Search Device (UWSD), 1 Set Peralatan Alkom, 1 Set Peralatan Medis dan APD Personal.

Sebelumnya pada Kamis (02/03) Sekitar pukul 15.20 WIB Kantor SAR Bandung menerima informasi terkait laporan hilangnya seorang ABK KM Samudra Jaya 01 di Perairan Patimban, Subang dari Ditpolairud Polda Jabar. Berdasarkan informasi yang diperoleh Tim Siaga Operator Komunikasi Kantor SAR Bandung, waktu kejadian bermula pada Jumat (24/02) saat KM Samudra Jaya 01 Melakukan Lego jangkar di sekitaran perairan Patimban Karena kendala cuaca, namun pada Selasa (28/02) sekitar pukul 08.00 WIB salah satu abk KM Samudera Jaya 1 atas nama Casnamin (41) tidak berada di atas Kapal, korban terakhir terlihat pada hari selasa (28/02) pukul 01.00 WIB dini hari bersama rekan-rekannya sesama ABK.

“Kru KM Samudra Jaya 01 sudah berusaha mencari korban ke berbagai tempat yang dimungkinkan adanya korban namun korban tak kunjung ditemukan, diduga korban terjatuh dari kapal, kru kapal Kemudian menghubungi Ditpolairud Polda Jabar dan Kantor SAR Bandung untuk membantu pencarian,hingga kini korban masih belum diketemukan,” jelasnya.

Baca Lainnya