Selasa, 14 April 2020 15:38

Aa Umbara Hentikan Proyek Fisik Ratusan Miliar Tahun ini

Bupati Aa Umbara Tengah Meninjau Perbaikan Jalan
Bupati Aa Umbara Tengah Meninjau Perbaikan Jalan [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Proyek pembangunan fisik total Rp 400 miliar milik Pemkab Bandung Barat dihentikan menyusul kian mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19). Keputusan itu disampaikan langsung Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna saat ditemui di Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa (14/4/2020).

"Lelang per hari ini berhenti. Sekarang ada 400 miliar, lelang dihentikan," tegas Aa Umbara.

Berdasarkan data yang dihimpun dari http://lpse.bandungbarat.go.id , ada sejumlah proyek fisik yang sudah masuk pelelangan. Di antaranya proyek peningkatan Jalan Selacau-Cililin, Cililin-Sindangkerta, Sindangkerta-Celak, Celak-Gununghalu, Bunijaya-Cilangari, Cilangari-Cisokan dan pembangunan Jembatan Tajim dengan pagi anggaran Rp 197,4 miliar lebih.

Kemudian ada peningkatan Jalan Rancapanggung-Cijenuk- Sarinagen, Sarinagen-Baranangsiang dengan nilai pagu Rp 88 miliar, hingga peningkatan Jalan Purabaya-Jati-Saguling dengan nilai pagu Rp 105,3 miliar dan sejumlah proyek fisik lainnya.

Dikatakan Aa Umbara, ia sudah berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat, Asep Sodikin mengenai permasalahan penghentian proyek fisik ini.

"Saya konsultasi dengan Sekda, ternyata bisa karena belum ada pengumuman pemenang. Seluruh lelang dihentikan, sekarang fisik belum ada" bebernya.

Untuk dana pinjaman seperti dari PT Sarana Multi Insfratruktur (SMI) dari pemerintah pusat, terang Aa Umbara, juga ikut terimbas. Sebab, anggaran saat ini fokus untuk penanganan Covid-19.

"Masalah pinjaman belum jadi karena dihentikan prosesnya. Sekarang kita lebih fokus di penanganan Covid-19," sebutnya.

Meski lelang fisik dihentikan secara keseluruhan, namun Aa Umbara mengintruksikan agar perencanaan seperti pembuatan Detal Engineering Design (DED) tetap berjalan.
 
"Perencanaan, seperti DED berjalan. Fisik saja yang dihentikan," tandasnya.

Baca Lainnya