Jumat, 11 Juni 2021 16:28

96,5 Persen Warga Cimahi Jadi Peserta Jaminan Kesehatan

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat miskin di Kota Cimahi, Pemkot Cimahi hari ini membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS), sebagai peserta jaminan kesehatan Nasional, dengan harapan seluruh warga Kota Cimahi memiliki jaminan kesehatan skala nasional.

Plt. Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengungkapkan, KIS yang diberikan adalah kartu yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi sebagai bentuk perhatian  kepada masyarakat yang memerlukan bantuan.

“Saat ini kami telah mendaftarkan peserta KIS untuk 69.954 warga Kota Cimahi,” ungkapnya, usai pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah, Jum’at (11/6/2021).

Menurutnya, untuk mencapai Universal Healt Coverage (UHC) maka jumlah penduduk minimal yang tercover adalah 95% dari jumlah penduduk atau sebanyak 528.168 jiwa dari jumlah penduduk sebesar 557.911 jiwa.

“Sementara pencapaian UHC Kota Cimahi saat ini adalah 538.693 jiwa atau 96,56% dari jumlah penduduk, sehingga sudah melebihi sebesar 10.525 jiwa,” katanya.

Dia menyebutkan, Pemerintah Kota Cimahi setiap tahun menyediakan anggaran untuk mencapai UHC. Masyarakat yang didaftarkan dapat langsung aktif kepesertaannya sehingga mudah untuk mendapatkan pembiayaan kesehatan, namun anggaran untuk pembiayaan melalui SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) tidak ada lagi.

“ Agar terselenggaranya program kesehatan ini dengan baik harus dilaksanakan secara transparan dan jelas sehingga tidak timbul permasalahan bagi masyarakat. Diharapkan seluruh pemangku kepentingan untuk program ini bisa saling bersinergi dan bekerja sama karena kesehatan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer