Selasa, 26 Maret 2019 17:07

8 Pejabat Cimahi Masuk Syarat jadi Sekda Definitif

Reporter : Fery Bangkit 
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Kepala BPKSDMD Kota Cimahi, Ahmad Syaefulloh menyebutkan, di Kota Cimahi ada delapan pejabat yang memenuhi syarat untuk menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) definitif.

"Ada yang memenuhi syarat administrasi dan lain-lain. Perkiraan ada 8 (delapan) yang memenuhi kriteria," ujar Ahmad saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (26/3/2019).

Baca Juga : Sewa Kamdal, Pemkot Cimahi Gelontorkan Rp 1,9 Miliar

Seperti diketahui, posisi Sekda Kota Cimahi mengalami kekosongan sejak ditinggal Muhammad Yani, yang pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 1 Agustus 2018.

Kemudian, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna melantik Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, M Suryadi sebagai Penjabat (PJ) Sekda Kota Cimahi. Hal itu sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pj Sekda.

Baca Juga : Rotasi-Mutasi Dijadikan Dalih Melesetnya Pembangunan Cimahi Diawal Tahun

Dalam aturan itu, masa bakti Pj Sekda hanya tiga bulan. Jika ingin diperpanjang, maka harus ada pengajuan dan pelantikan ulang. Namun, belum tiga bulan, Suryadi mengundurkan diri dari posisinya sebagai Pj dengan alasan kesehatan.

Kemudi, Ajay mengajukan dan melantik Maria Fitriana sebagai penggantinya. Ia dua kali dilantik menjadi Pj Sekda Kota Cimahi. Setelah Maria lengser dari jabatannya, posisi Pj Sekda diambil alih oleh Tata Wikanta sampai sekarang.

Baca Juga : 33,22% ASN di Pemkot Cimahi Alami Obesitas

BKPSDMD Kota Cimahi belum melaksanakan open bidding untuk mengisi kekosongan Sekda definitif itu, yang berlangsung sejak tahun lalu. Seleksi terbuka baru diwacanakan tahun ini. Ahmad menerangkan, pihaknya saat ini masih menunggu rekomendasi dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk pelaksanaan open bidding.

"Maret ini ada keputusan. Bulan April masuk proses," ujar Ahmad.

Untuk melanjutkan proses open bidding, kata dia, minimal harus ada empat orang yang terdaftar dan memenuhi syarat administrasi. Jika kurang dari empat pendaftar, maka harus ditunda.

"Nanti diumumkan terbuka, pendaftar dari luar Cimahi boleh mendaftar," ucapnya.

Selain posisi Sekda, seleksi terbuka tahun ini juga akan bersamaan dengan pengisian Kepala Dinas Perhubungan dan Kasatpol PP dan Damkar Kota Cimahi. Sebelumnya, dua posisi jabatan itu sempat dilelangkan namun kurang peminat.

"Tahun ini optimis kuota Satpol PP dan Dishub bisa terpenuhi," tandasnya. 

Baca Lainnya