Rabu, 31 Oktober 2018 15:04

7.258 Pelamar CPNS Berebut jadi Anak Buah Menteri Susi Pudjiastuti

Reporter : Fery Bangkit 
 Sebanyak 345 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI bakal mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Hotel Eldorado, Jln Setiabudi, Kota Bandung, Kamis (1/11/2018).
Sebanyak 345 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI bakal mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Hotel Eldorado, Jln Setiabudi, Kota Bandung, Kamis (1/11/2018). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Bandung - Sebanyak 345 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI bakal mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Hotel Eldorado, Jln Setiabudi, Kota Bandung, Kamis (1/11/2018).

Sebelumnya, total pelamar yang mendaftar ke KKP RI mencapai 10.056 orang. Namun yang memenuhi syarat administrasi hanya 7.258 orang, yang akan memperebutkan 465 formasi yang disediakan KKP. 

Baca Juga : Pendaftaran CPNS KBB Ditutup, Banyak Pelamar Salah Alamat

Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan Biro Sumber Daya Manusia Aparatur KKP RI, Wiwien Satwiyani mengatakan, 7.258 pelamar CPNS yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti SKD di 13 lokasi, di antaranya di Kota Bandung. 

"Total yang memenuhi syarat itu 7.258, tidak memenuhi syarat 2.798 orang. Pelamar yang kebagian tes di Kota Bandung ada sekitar 345 orang," kata Wiwien saat ditemui di Badan Karatina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung, Jln. Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Rabu (31/10/2018).

Baca Juga : Tes CPNS di Jabar di Mulai Besok, Cimahi Kebagian Tanggal 7 November

Sebagai persiapan untuk tes besok, para pelamar CPNS KKP khusus tes di Kota Bandung diharuskan melakukan registrasi ulang di BKIPM Bandung, Rabu (31/10/2018). Registrasi ulang akan dilakukan hingga pukul 17.00 WIB.

Berdasarkan pantauan di BKIPM Bandung, para calon abdi negara yang berasal dari berbagai wilayah itu mulai memenuhi area registrasi ulang sejak pukul 08.00 WIB. Selain melakukan registrasi ulang, mereka juga mendapat pengarahan dari petugas.

Baca Juga : Pelamar Diminta Waspada Jasa Pelicin CPNS

Registrasi ulang ini, lanjut Wiwien, sebagai salah satu antisipasi untuk mengantisipasi kecurangan dalam tes nanti. "Kita akan antisipasi kecurangan dengan beberapa kali daftar ulang supaya tidak ada curang seperti di Makasar," tegasnya.

Para peserta yang lolos seleksi hingga tahap akhir dan memenuhi formasi yang disediakan, maka akan langsung ditempatkan di 28 cabang KKP di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Percayalah, Jimat tak Akan Membantu Lulus Tes CPNS

Diakui Wiwien, pelamar CPNS yang mendaftar ke KKP untuk tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Meski begitu, pelamar terbilang masih tinggi dan antusias.

Menurutnya, salah satu yang menjadi daya tarik pelamar mendaftar ke KKP ialah keberadaan sosok Susi Pudjiastuti, Menteri KKP yang dianggap menonjol dalam pemerintah era Presiden Joko Widodo.

"Kebanyakan lebih kepada tantangan Bu Menteri. Mereka akan senang masuk tim Ibu (Susi)," ucapnya. 

Baca Lainnya