Senin, 23 Maret 2020 12:40

70% ASN di Cimahi Kerja di Rumah, Bagaimana Cara Kerjanya?

Suasana Ruang Kerja ASN
Suasana Ruang Kerja ASN [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Work From Home (WFH) mulai diterapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkot Cimahi sebagai antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kebijakan itu akan dievaluasi hingga akhir Maret ini.

Dari sekitar 2.000 lebih ASN khusus di Lingkungan Pemkot Cimahi, sebesar 70 persen di antaranya sudah bekerja di rumah. Sedangkan sisanya yang terdiri dari eselon II, III dan IV tetap menerapkan bekerja di kantor.

"Yang WFO itu staff sampai 31 Maret. Jadi 70 persen bekerja di rumah sisanya tetap masuk kantor," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelola Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Cimahi, Ahmad Saefulloh saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (23/3/2020).

PNS saat Berbincang - bincang Dilingkungan Pemkot

Untuk ASN khusus yang bertugas sebagai tenaga pendidik alias guru, tegas Ahmad, otomatis sudah bekerja di rumah sejak kebijakan penghentian sementara Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

"Kalau guru, ada sekitar 2.000 lebih itu sudah otomatis bekerja di rumah juga," tegasnya.

Ditegaskan Ahmad, meski bekerja di rumah, para abdi negara tersebut tetap mendapat pengawasan. Mereka harus tetap mengisi absen secara online, dengan cara memasukan Nomer Induk Pegawai (NIP) melalui aplikasi yang sudah disiapkan.

"Nanti muncul NIP-nya masing-masing, kalau enggak ngisi absen dianggap enggak masuk kerja. Nanti TKD (Tunjangan Kinerja Daerah) dikurangi," sebut Ahmad.

Kemudian, untuk ASN yang diwajibkan tetap masuk namun mengalami keluhan sakit, tegas Ahmad, dianjutkan juga untuk tidak masuk kerja. "Misalnya di saya nih, ada kepala bidang sakit flu, itu enggak masuk kerja. Kan ada alasannya," ucapnya.

Untuk mekanisme kerjanya, lanjut Ahmad, disesuaikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Sebab, kata dia, meski bekerja di rumah, ASN akan tetap mendapat penilaian yang dievaluasi diakhir bulan.

Ditegaskan Ahmad, diberlakukannya ASN bekerja di rumah ini untuk mengurangi populiasi kerumunan atau social distancing.

"Utamanya mengurangi populasi jangan sampai terjadi kerumunan. Nanti dievaluasi lagi," tandasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Mochammad Ronny mengatakan, hampir semua ASN di DLH sudah bekerja di rumah. Untuk mekanisme kerjanya, terang dia, ASN setara kepala seksi akan menugaskan kepasa staff yang bekerja di rumah.

"Nanti hasilnya di laporkan juga secara online," ujarnya.

Baca Lainnya

Topik Populer