Senin, 13 Maret 2023 21:33

46 Tewas Pasca Longsor Kepulauan Serasan

Penulis : Wawan Gunawan
Alat berat yang  disiagakan PUPR berhasil menemukan korban tanah longsor di Serasan Kabupaten Natuna
Alat berat yang disiagakan Kementerian PUPR berhasil menemukan korban tanah longsor di Serasan Kabupaten Natuna [Instagram]

Limawaktu.id,- Pasca bencana tanah longsor di Serasan Kabupaten Natuna, jumlah korban meninggal dunia yang telah ditemukan menjadi 46 orang, sebanyak 24 di antaranya adalah laki-laki dan 22 berjenis kelamin perempuan, dan Sembilan Orang masih belum ditemukan.

“ Hingga Mingg kemarin, jumlah korban yang sudah ditemukan ada 46 orang dan 9 orang belum ditemukan, “ ungkap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, kepada media, Senin (13/3/2023).

Penemuan sejumlah korban tersebut juga didukung dengan bertambahnya alat berat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebanyak 7 unit, termasuk tambahan personel dari TNI dan Polri. Cuaca yang berangsur membaik juga menjadi faktor pendukung operasi pencarian, pertolongan dan evakuasi.

Sementara itu, dari Posko Darurat Bencana Tanah Longsor Natuna di PLBN Serasan juga melaporkan adanya perkembangan jumlah pengungsi menjadi 2.240 jiwa. Seluruh pengungsi itu merupakan warga terdampak maupun yang meninggalkan rumah sementara demi mencegah terjadinya bencana tanah longsor susulan.

Hal itu sebagaimana yang telah direkomendasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui informasi prakiraan cuaca dan hasil analisa lapangan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca Lainnya