Kamis, 15 Juli 2021 13:19

40 Orang Petugas Periksa Kesehatan Hewan Kurban di KBB

Penulis : Wawan Gunawan
Petugas memasang label sahat pada hewan kurban yang sudah diperkisa kesehatannya, Kamis (15/7/2021)
Petugas memasang label sahat pada hewan kurban yang sudah diperkisa kesehatannya, Kamis (15/7/2021) [Instagram]

Limawaktu.id,- Jelang Idul Adha, Ribuan hewan kurban Diperiksa Dispernakan Bandung Barat dengan menerjunkan 40 orang petugas yang melaksanakan tugasnya disejumlah titik tempat penjualan hewan kurban.

“Untuk memastikan kesehatan hewan kurban di wilayah Kabupaten Bandung Barat, maka Tim Pemeriksa Keswan Dispernakan KBB melakukan pemeriksaan secara intensif,” terang Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan KBB, Undang Husni Thamrin, Kamis (15/7/2021)

Menurutnya, Kondisi Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Tim Pemeriksa Keswan yang terdiri dari 40 orang ini, untuk melakukan pemeriksaan. Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan KBB) menjamin kesehatan hewan kurban.

Dia menyebutkan, hasil pemeriksaan sementara dari jumlah tersebut, 300 ekor diantaranya masih berusia muda dan 39 ekor lainnya alami sakit ringan.

Pemeriksaan masih berlangsung, sampai batas waktu hari “H”. Karena sampai sekarang, masih saja ada hewan dari luar KBB. Biasanya, hewan kurban dari luar daerah dijual di lapak-lapak tertentu. Pada tahun-tahun sebelumnya, H-7 hewan kurban dari luar daerah mulai berdatangan.

Jumlah lapak, untuk jualan hewan kurban itu biasanya mencapai 400-an, tersebar di sejumlah wilayah KBB. Hingga sekarang, kata Undang, lapak jualan hewan kurban di KBB sudah mencapai 150-an.

Dia menjelaskan, sebenarnya stock domba kurban dari wilayah KBB cukup aman. Jumlahnya mencapai 6.000-an dari jumlah populasi puluhan ribu, terkecuali untuk sapi kurban, KBB masih mendatangkan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sementara ini, ternak sapi di KBB untuk sapi perah.


.

Baca Lainnya