Senin, 11 Januari 2021 13:27

27 Orang Warga Desa Cihanjuang Hilang Akibat Longsor

Penulis : Bubun Munawar
material longsor yang menimbun pemukiman warga di desa cihanjuang kecamatan cimanggung kabupaten sumedang jawa barat
material longsor yang menimbun pemukiman warga di desa cihanjuang kecamatan cimanggung kabupaten sumedang jawa barat [antara]

Bandung (ANTARA) - Kepala Kantor Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Bandung Deden Ridwansyah menyebut  hingga saat ini sebanyak 27 orang masih dinyatakan hilang dan diduga tertimbun longsor yang menimbun pemukiman warga di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.
"Dari pengaduan masyarakat, hingga saat ini masih ada 27 orang warga yang hilang," sebutnya, Senin (11/1/2021).

Kini petugas kepolisian juga melakukan penjagaan ketat di jalan akses masuk ke pemukiman yang merupakan tempat peristiwa longsor. Adapun proses pencarian pada hari ketiga ini, Senin, dimulai sejak pagi.

"Namun para petugas belum menemukan adanya korban tambahan di lokasi longsor yang terjadi dua kali pada Sabtu (9/1)," kata Deden.

Dia menyebutkan, ada 900 orang dari berbagai unsur yang terlibat dalam proses pencarian korban longsor hari ketiga di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Petugas gabungan sekitar 900 petugas.

"Mudah-mudah dengan tim gabungan, sinergitas dan kerja sama yang baik semua korban bisa ditemukan," kata Deden, dikutip Antara.

Menurut Deden, petugas gabungan itu diperlukan karena proses pencarian cukup mengalami kesulitan karena material longsoran yang masih tebal. Meski begitu, ia memastikan proses pencarian dilakukan dengan menerapkan keselamatan dalam bekerja. Pasalnya lokasi kejadian juga masih ada potensi longsor susulan.

"Kami sudah menempatkan 6-10 orang sebagai safety officer untuk memantau situasi pergerakan tanah di atas," katanya. 

 

Baca Lainnya