Selasa, 3 April 2018 20:21

27 Merek Ikan Kaleng Cacing di KBB Hilang dari Peredaran

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net]

Limawaktu.id,- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (kbb) menyatakan, 27 merek produk ikan dalam kaleng yang mengandung cacing sudah menghilang dari peredaran di Bandung Barat.

Pernyataan itu dikeluarkan usai Dinas Perindustrian dan Perdagangan KBB melakukan pendataan terhadap sebaran produk.

Baca Juga : Tiga Produk Ikan Kaleng yang Ditarik Edar BPOM

"Ikan kaleng di minimarket ditarik produsen kalau di pasar tradisional ditarik penyalur. Dari laporan kami ditarik seminggu lalu," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan KBB, Weti Lembanawati di kantor UPTD Metrologi, Jalan Padalarang-Cisarua, Selasa (3/4/2018).

Weti mengatakan, pada 28 Maret 2018, BPOM mengumumkan 27 merek makanan ikan kaleng yang positif mengandung parasit cacing. 27 merek itu terdiri dari 16 merek produk impor dan 11 merek produk dalam negeri.

Baca Juga : Soal Cacing dalam Sarden, BKIPM Bandung Minta Warga Tak Resah

"Pengumuman dilakukan setelah BPOM melakukan sampling dan pengujian terhadap 541 sampel ikan dalam kemasan kaleng yang terdiri dari 66 merek," katanya.

Secara aturan, lanjut Weti, pengawasan peredaran produk berada di wilayah pemerintah provinsi. Pemantauan juga dilakukan di sembilan pasar yang ada di Bandung Barat.

"Dilihat dari undang-undang 23 tahun 2014 kewenangan peredaran barang/makanan itu kan dari kabupaten/kota telah beralih ke provinsi, sedangkan terkait metrologi dari provinsi menjadi ke kabupaten/kota," ujarnya.

Baca Lainnya