Senin, 29 Mei 2023 13:27

24 Kloter Jemaah Calon Haji Diberangkatkan dari Bandara Kertajati

Reporter : Wawan Gunawan
Pelepasan Jemaah Calon Haji di Bandara Kertajati, Minggu (28/5/2023) malam
Pelepasan Jemaah Calon Haji di Bandara Kertajati, Minggu (28/5/2023) malam [Humas Kementerian Agama]

Limawaktu.id,- Jemaah Haji Jawa Barat akhirnya bisa terbang dari Bandara Kertajati. Peristiwa bersejarah ini menandai beroperasinya Bandara Jawa Barat ini secara resmi. Penerbangan AirAsia ke Kuala Lumpur juga sudah dimulai. Tol Cisumdawu pun sedang persiapan akan penuh beroperasi.

Usia jamaah Haji Jabar tertua adalah 103 tahun. Termuda 18 tahun, yang batal Haji menggantikan ibunya yang berpulang dalam penantian berhaji.

“Semoga jemaah haji Jawa Barat kembali pulang dengan sehat dan selamat, menjadi Haji mabrur dan mabrurah,” ungkap Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil, dalam akun instagramnya, Senin (29/5/2023)

Dia meminta kepada para petugas Haji, layani jamaah dengan sepenuhi hati, dengan mengharap ridho ilahi, Karena wasilah kemambruran bisa datang dari momen yang kita lewati. utamakan urusan jemaah baru urusan pribadi.

Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil mengatakan, penerbangan perdana haji dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menjadi sejarah karena bisa melayani masyarakat untuk perjalanan ibadah haji.

Dia menyebutkan, penerbangan perdana untuk jamaah calon haji di BIJB ini tentu memberikan angin segar bagi bandara kebanggaan Jawa Barat dengan harapan dapat terus berjalan untuk melayani masyarakat.

Menurutnya,  pada musim haji 2023, terdapat 24 kelompok terbang (kloter) JCH yang akan diberangkatkan dari BIJB Kertajati, diawali dengan penerbangan perdana pada Minggu (28/5/2023) malam.

Setelah adanya penerbangan haji, dia mengharapkan, Bandara Kertajati bisa dimanfaatkan untuk penerbangan lainnya, terutama umrah, agar bisa secara rutin berangkat dari BIJB.

Terkait dengan koneksi Bandara Kertajati juga akan segera selesai, terutama Tol Cisumdawu, yang dapat mempercepat mobilitas warga, khususnya di Bandung dan sekitarnya.

"Tol Cisumdawu akan beroperasi satu bulan lagi sehingga diharapkan dapat menunjang keberadaan bandara," pungkasnya.

Sementara laman resmi Kementerian Agama menyebutkan, pada musim haji 1444H/2023M ini, Embarkasi Kertajati akan memberangkatkan 24 kloter jemaah haji Jawa Barat yang berasal dari tujuh kabupaten/kota, yaitu: Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Subang.

Menteri Agama Yaqout Cholil  juga menyempatkan berbincang dengan para jemaah haji di Bandara Kertajati. Khusus kepada jemaah haji lansia, Menag berpesan agar tetap menjaga kondisi fisik selama beribadah. "Kalau butuh apa-apa, segera minta bantuan petugas, jangan sungkan-sungkan," katanya.

Dia  mengingatkan bahwa kondisi cuaca di Arab Saudi suhunya amat tinggi.

 "Tadi saya cek, hari ini suhunya mencapai 50 derajat celcius. Jangan lupa gunakan alat pelindung diri bila ingin beraktivitas di luar," pesannya.

Baca Lainnya