Rabu, 25 Januari 2023 16:30

2023 Pemkot Cimahi Akan Bangun Delapan Septictank Komunal

Reporter : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan meresmikan penggunaan septictank komunal di RW 05 Kelurahan Melong, Rabu (25/1/2023)
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan meresmikan penggunaan septictank komunal di RW 05 Kelurahan Melong, Rabu (25/1/2023) [Limawaktu.id]

Limawaktu.id,- Pemerintah Kota Cimahi berencana akan melakukan pembangunan  delapan buah Septictank Komunal di lima kelurahan yang ada di Kota Cimahi. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Tahun ini akan ada pembangunan delapan septictank komunal di Cimahi untuk lima kelurahan, lokasinya nanti ditentukan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP),” sebut pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan, usai meresmikan septictank komunal di RW 05 Kleurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, pada Rabu (25/1/2022).

Dikatakan Dikidk, Pembangunan Septictank Komunal di Kota Cimahi sudah dilaksanakan sejak 2010 dan akan terus dilakukan sebagai bentuk tindak nyata Pemkot Cimahi dalam penataaan lingkungan dan kesehatan warga.

“Meskipun dengan kendala keterbatasan lahan, program pembuatan septictank komunal ini akan terus dilakukan, dengan melakukan kerjasama bersama masyarakat yang memiliki kesadaran terkait dengan peningkatan kesehatan lingkungan,” katanya.

Dikdik berharap agar keberadaan septictank komunal ini bisa tersedia diwilayah yang membutuhkan, disamping harus diulakukan sosialiasai yang baik kepada masyarakat, karena tidak semua masyarakat memahami akan pentingnya keberadaan septictank komunal ini.

Sementara, Kepala DPKP Kota Cimahi Endang mengatakan, pasca pembangunan Septic Tank Komunal, maka perlu edukasi untuk lebih jauh dalam pengunaannya supaya masyarakat menggetahui cara mengelola sekaligus cara merawatnya.

Para penerima manfaat, agar menjaga supaya pengoprasionalannya bisa terus berfungsi untuk tetap terpakai. Yang terpenting kebersamaan untuk menjaga dan memelihara mesti ditata dari sekarang,

“”Keberadaan Septic Tank Komunal akan berdampak positif pada lingkungan juga tumbuh kembang anak, karena bisa menghindari penyakit Stunting” tutur Endang,  saat sosialiasasi di Jalan Kalidam, Kleurahan Karangmekar, Jumat (13/01/23)

Menurutnya, Penyakit Stunting memiliki ciri seperti halnya tidak normal pada fisik anak, terganggunya pola kecerdasan terhadap anak serta banyak lagi dampak yang ditimbulkan bilamana kita membuang air sembarangan.

“Maka dengan pembuatan Septic Tank Komunal yang merupakan pogram dari pemerintah perlu kita dukung keberadaannya, sebab ada hal kebaikan didalamnya,” pungkasnya.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer