Minggu, 28 November 2021 12:52

20 Tahun Berdiri PC NU Kota Cimahi Tak Miliki Sekretariat

Reporter : Bubun Munawar
Ketua PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad melantik Pengurus Cabang NU Kota Cimahi masa khidmat 2021-2026 di Gedung Cimahi Techmopark, Minggu (28/11/2021)
Ketua PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad melantik Pengurus Cabang NU Kota Cimahi masa khidmat 2021-2026 di Gedung Cimahi Techmopark, Minggu (28/11/2021) [Limawaktu]

Limawaktu.id, Sejak berdirinya Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Uama (NU) Kota Cimahi 20 tahun lalu, hingga saat ini masih belum memiliki Sekretariat sendiri, padahal NU sudah memberikan kontribusinya bagi negara.

Hal itu menjadi sorotan Ketua Pengurus Wilayah (PW) NU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad, saat Pelantikan Pengurus dan  Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) PC NU Kota Cimahi, yang digelar di Gedung Cimahi Technopark, pada Minggu (28/11/2021).

Menurut Juhadi, pernyataan Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana saat memberikan sambutan di pelantikan tersebut dinilai terlalu normatif, padahal seharusnya bisa secara gambling memberikan dukungannya bagi pembangunan gedung NU tak sekedar moril semata.

“Seharusnya Plt memberikan dukungannya secara gamblang atas rencana yang akan dilakukan oleh PC NU ini,” ungkapnya.

Menurutnya, hal yang sangat wajar jika pemerintah memberikan dukungannya kepada NU, karena para nahdliyin ini sangat membantu sekali kepada pemerintah, sperti memberikan pendidikan agama ataupun pendidikan umum kepada masyarakat. NU pun sudah memberikan dukungannya atas tugas-tugas pemerintah.

“Dibidang pendidikan NU sudah sangat membantu pemerintah seperti di pesantren-pesantren, hingga sekolah umum. Bahkan seandainya tidak ada NU bagaimana jadinya dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” paparnya.

Dia mengatakan, bantuan pemerintah sangat diharapkan oleh NU Kota Cimahi dalam mewujudkan program pembangunan gedung NU, sebagai salah satu simbol dari organisasi para nahdliyin. 

Ketua PC NU Kota Cimahi KH Enjang Nasrullah menyebutkan, dalam Mukercab PC NU yang digelar hari ini akan dilakukan pembahasan mendalam terkait dengan Sembilan program prioritas PC NU Kota Cimahi Masa Khidmat 2021-2026. Salah satu dari program prioritas pada tahun ini, PC NU Kota Cimahi akan membangun gedung untuk sekretariat.  

 “Program yang pertama dari kepengurusan NU Kota Cimahi masa khidmat lima tahun kedepan  adalah membangun gedung untuk sekretariat, bantuan Pemkot Cimahi sangat dibutuhkan yang penting ikhlas dan besar kecilnya juga menjadi penting,” jelasnya.

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan pihaknya akan berusaha membantu keinginan pengurus PC NU Kota Cimahi ini untuk mewujudkan pembangunan gedung sekretariat. Dengan gotongroyong semua pihak, keinginan tersebut bisa diwujudkan.

“Jika perlu kita lakukan gelar sorban,” pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer