Jumat, 8 Juni 2018 18:40

20 Ribu Lebih Anak Pramuka Dilibatkan Amankan Mudik Lebaran di Jawa Barat

Reporter : Fery Bangkit 
Sebanyak 27 ribu anggota Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat akan dilibatkan untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas mudik Lebaran 2018.
Sebanyak 27 ribu anggota Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat akan dilibatkan untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas mudik Lebaran 2018. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sebanyak 27 ribu anggota pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat akan dilibatkan untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas mudik Lebaran 2018. 

Mereka bakal disebar di titik-titik kemacetan dan pusat keramaian seperti stasiun, terminal dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kesiapan Pemkot Cimahi Menghadapi Arus Mudik Lebaran 2018

Hal tersebut dikatakan Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Barat, Dede Yusuf  seusai Apel Kesiapsiagaan Jelang Mudik Lebaran 2018 di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Jln. Julaeha Karmita, Jumat (8/6).

"Setiap tahun, kita selalu melakukan yang namanya Karya Bakti Pramuka Lebaran atau kita sebut pasukan lebaran. Setiap tahun, anggota yang terlibat terus meningkat, sekarang, setiap kabupaten/kota mengirimkan 1.000 anggota Pramuka," kata Dede.

Baca Juga : Puskesmas dan Rumah Sakit di Bandung Barat Siaga Selama Libur Lebaran 2018

Dede Yusuf mengaku salut dan bangga dengan antusias para anggota Pramuka yang terlibat, pasalnya mereka bekerja sukarela dan tidak dibayar.  Terlebih, mereka mencurahkan waktunya untuk memberikan kesempatan lebih banyak menjaga ketertiban masyarakat ketimbang mengurus dirinya sendiri.

"Saya bangga, salut. Jadi artinya yang perlu kita apresiasi karena mestinya mereka bisa mudik. Tapi mulai besok, mereka mulai bertugas di lapangan, mungkin kira-kira sampai H+3 Lebaran," ucapnya. 

Baca Juga : Musim Mudik Lebaran 2018, Wilayah Cimahi-KBB dapat Pengamanan Ketat dari Polres Cimahi

Dia menyebutkan, mayoritas anggota Pramuka yang terlibat berasal dari Saka Bhayangkara, satuan yang mendapat pembinaan pihak kepolisian. Apabila satuan Saka Bhayangkara kurang, bisa menggandeng Saka-Saka yang lain seperti Saka Bakti Husada yang membantu pertolongan kesehatan di posko medis.

"Atau Satuan Wira Kartika yang dididik TNI AU untuk menjaga keamanan di pusat-pusat keramaian atau daerah wisata seperti Pangandaran, Ciwidey dan Lembang," jelasnya.

Baca Lainnya