Selasa, 7 September 2021 17:18

1500 Ton Sampah dibuang Warga Karawang Setiap Hari

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana bersama beberapa kepala daerah di Jabar  mendampingi kunjungan Menko Marves Luhut Panjaitan, Selasa (7/9/2021)
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana bersama beberapa kepala daerah di Jabar mendampingi kunjungan Menko Marves Luhut Panjaitan, Selasa (7/9/2021) [Instagram ]

Limawaktu.id,-  Populasi masyarakat Karawang yang hampir 2.5 juta penduduk setiap harinya hampir kurang lebih 1500 ton sampah yang harus dibersihkan, karenanya persoalan sampah menjadi salah satu perhatian yang akan difokuskan Pemda di lima tahun ke depan.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengungkapkan, pihaknya  baru mampu  sekitar 46,3 %  melayani pembuangan sampah di Karawang, karena terkendala beberapa hal teknis. Hal itu menjadi pembahasan dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan, saat berkunjung ke Kabupaten Karawang.

Dia megatakan, untuk penanggulangan sampah di Kabupaten Karawang, pemreintah pusat   telah memberikan bantuan 3 Tempat Pengolahan Sampah Terpadu yang akan dibangun pada 2021, dengan lokasi ada di tiga Kecamatan.

“Nantinya  ada 2 TPST yang akan mengelola sampah secara konvensional di Kelurahan Mekarjati Karawang Barat, di Desa Cirejag Jatisari (kapasitas 5 ton) dan khusus 1 TPST RDF di Desa Jayakerta dengan kapsitas 30 sampai 50 ton setiap hari, “ sebutnya.

Bantuan tersebut diberikan Kementerian PUPR dan KemnkoMarves untuk menanggulangi persoalan sampah di Kabupaten Karawang.

Alhamdulillah kami berterimakasiih atas bantuan dari Kemenko Marves Bapak Luhut Binsar Panjaitan dan Bapak Basuki Hadimuljono Kementerian PUPR atas bantuan TPST  yang (kapasitas 30-50 ton/hr). Namun tentunya kami berharap kitapun bersama  menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer