Kamis, 16 Juni 2022 13:18

15 Ribu Warga Kabupaten Bandung Tak Lulus SMP

Reporter : Bubun Munawar
Bupati Bandung Dadang Supriatna
Bupati Bandung Dadang Supriatna [Instagram]

Limawaktu.id,- Diperkirakan belasan ribu masyarakat Kabupaten Bandung belum lulus sekolah. Karenanya, Bupati Bandung Dadang Supriatna meminta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) bisa berdiri di seluruh wilayah Kabupaten Bandung.

Dia mengungkapkan, , angka rata-rata sekolah warga Kabupaten Bandung hanya mencapai 8,79 tahun. Artinya masyarakat Kabupaten Bandung rata-rata tidak lulus SMP.

”Tercatat ada sekitar 15 ribu masyarakat yang belum menyelesaikan sekolah,” sebutnya.

Kondisi tidak lulus sekolah menjadi masalah pada pencarian kerja, sehingga Dadang mengatakan pihaknya terus berupaya agar masyarakat yang putus sekolah tersebut bisa memiliki ijazah melalui p

Dia mengakui jika saat ini pendidikan menjadi salah satu masalah di Kabupaten Bandung yang harus segera diselesaikan.

Hal itu diungkapkan Dadang saat menghadiri wisuda serentak sekaligus penyerahan hasil kelulusan pendidikan non-formal kesetaraan di Gedung Moh. Toha, Soreang, belum lama ini.

”Yang belum lulus, silahkan mengambil paket di PKBM,” kata Kang DS.

Untuk melancarkan hal tersebut, dia meminta agar aparat kewilayahan baik Kades maupun Camat untuk menggenjot pendirian PKBM di wilayah masing-masing.

Dia berharap, dengan pendirian PKBM akan banyak masyarakat yang mengambil paket pendidikan baik A,B maupun C. Sehingga bisa membantu masyarakat yang putus sekolah, baik karena masalah biaya atau hal lainnya untuk bisa memiliki ijazah.

”Bahkan bukan tidak mungkin, setelah memiliki ijazah melalui program paket, banyak masyarakat Kabupaten Bandung bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi seperti perguruan tinggi,” tandasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer