Senin, 19 Juli 2021 13:39

130 Ribu Keluarga di KBB Dapat Bantuan Beras

Reporter : Wawan Gunawan
Plt Bupati Bandung  Barat Hengku Kurniawan meninjau penyimpanan beras bantuan PPKM
Plt Bupati Bandung Barat Hengku Kurniawan meninjau penyimpanan beras bantuan PPKM [Instagram ]

Limawaktu.id,- Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menyebutkan, sebanyak 130 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bandung Barat akan segera mendapatkan bantuan beras masing-msing 10 kilogram, yang distribusinya akan dilakukan langsung ke desa-desa.

“ 130.000 KPM warga Bandung Barat akan segera mendapatkan bantuan beras 10Kg / KPM yang akan langsung di distribusdan ke desa-desa, Ungkapnya, dalam akun isntagramnya, yang diunggah, Senin (19/7/2021).

Pemberian bantuan tersebut menurutnya merupakan salah satu solusi dari penerapan PPKM Darurat di Jawa Bali yang diputuskan pemerintah pusat. Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak 3 Juli lalu menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat  sampai 20 Juli 2021 besok.

Menurutnya, tingginya lonjakan kasus COVID-19 di Bandung Barat mendorong perlunya diterapkan PPKM Darurat mengikuti keputusan pemerintah pusat.

"Kabupaten Bandung Barat termasuk yang harus menerapkan PPKM Darurat lantaran hingga saat ini kasus lonjakan Covid-19 masih terjadi," ungkap Hengky, belum lama ini.

Terpisah, Sekretaris Daerah Bandung Barat, Asep Sodikin menjelaskan, Pemkab Bandung Barat sudah menyiapkan  anggaran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama PPKM Darurat diterapkan.

Menurut Asep, biaya untuk PPKM Darurat itu bisa menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT). Kemudian jika masih kurang, Pemkab Bandung Barat juga bisa melakukan realokasi anggaran. 

Peruntukkan anggaran tersebut disalurkan pada sektor kesehatan, bantuan sosial serta jaring pengaman sosial dalam mendukung pelaksanaan PPKM darurat.

"Kebutuhan anggaranya kita sudah siiapkan, " tandasnya.

Baca Lainnya