Senin, 27 Desember 2021 17:36

1,2 Juta Jiwa Tercatat Sebagai Pemilih di KBB

Reporter : Bubun Munawar
KPU KBB menggelar Rapat Koordinasi  DPB bersama  pimpinan parpol peserta Pemilu 2019, dan OPD di lingkungan KBB, Senin (27/12/2021). i P
KPU KBB menggelar Rapat Koordinasi DPB bersama pimpinan parpol peserta Pemilu 2019, dan OPD di lingkungan KBB, Senin (27/12/2021). [Istimewa]

Limawaktu.id,-  Hingga Desember 2021 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan sebanyak 1.210.600 orang tercatat sebagai pemilih. Jumlah tersebut merupakan warga sipil yang memperoleh hak pilih karena usianya lebih dari 17 tahun, sudah pernah menikah dan merupakan pemilih, serta  pensiunan TNI/Polri.

Jumlah pemilih yang tersebar di 16 kecamatan dan 165 desa itu diperoleh dari Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) triwulan empat 2021 sekaligus menutup pencatatan DPB pada tahun ini.

Jumlah pemilih yang terdiri dari  609.700 pemilih laki-laki dan sebanyak 600.900 pemilih perempuan itu  terkuak dalam rapat koordinasi  DPB tingkat Kabupaten Bandung Barat yang dihadiri pimpinan parpol peserta Pemilu 2019, instansi terkait dari Pemkab Bandung Barat, Senin (27/12).

Adapun masyarakat pemilih bisa mengakses laman lindungihakmu.kpu.go.id untuk meyakinkan ketercatatannya sebagai pemilih, yang merupakan laman pengakses data yang telah disediakan KPU RI.

“Data ini kami hasilkan dari masukkan masyarakat juga intansi terkait lainnya. Ya data pemilih lainnya merupakan hasil koordinasi kami langsung dengan  aparatur desa penyelenggara pilkades serentak 2021,” ujar Ketua KPU KBB, Adie Saputro melalui Kadiv Datin, M Yuga Wira Praja, dalam siaran pers yang diterima  Limawaktu.id.

 Pada kesempatan Rakor tersebut, perwakilan Disdukcapil KBB tampak sangat antusias menyampaikan pandangannya terkait data penduduk serta dinamika yang terkait didalamnya. Adapun  sejumlah perwakilan parpol menyampaikan penghargaannya terhadap kinerja KPU KBB yang mampu menghasilkan DPB sangat baik.

“DPB ini bukan hal yang mudah sehingga hasilnya sesuai dengan keadaan riil masyarakat pemilih. Kinerja KPU KBB setahun terakhir ini telah melahirkan data akurat dan sangat kami butuhkan,” kata LO Partai Demokrat H Aos Firdaus di sela Rakor. (*/)

Baca Lainnya