Selasa, 12 Maret 2019 15:50

11 Ribu Lebih Warga KBB Belum Punya KTP-el

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi.
ilustrasi. [net]

Limawaktu.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat, masih ada 11.347 warga yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

"Dari jumlah total wajib KTP kini tersisa 11.347 jiwa, itu karena belum rekam dan menunggu Sent For Enrollment (SFE) atau penunggalan dari database pusat," terang Kepala Disdukcapil KBB, Wahyu Diguna, Selasa (12/3/2019).

Baca Juga : Waduh, 42 Ribu Lebih Warga KBB Belum Rekam KTP-el

Sementara untuk pencetakan sejauh ini, kata dia, itu sudah mencapai 99,6 persen dari total wajib KTP-el yang mencapai 1.153.363 wajib KTP. Tuntasnya pencetakan setelah pihaknya melakukan jemput bola permintaan blangko ke Kementerian Dalam Negeri.

"Alhamdulillah, pencetakan KTP dari data Print Ready Record (PRR) sudah tuntas, adapun yang belum cetak itu karena belum rekam dan duplikasi data," ungkapnya.

Menurut Wahyu, penyelesaian cetak KTP dilakukan dalam waktu satu bulan dengan menggunakan 17 alat rekam. Upaya pengambilan blangko dilakukan hampir tiga kali dalam seminggu.

Wahyu mengatakan, dengan tuntasnya cetak KTP, Disdukcapil KBB berharap berdampak pada kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 agar warga bisa menggunakan hak pilihnya.

"Setelah pencetakan, kami langsung distribusikan kepada masyarakat melalui pemerintah desa, RW dan RT. Asumsinya kepemilikan KTP Elektronik mencapai 99 persen," tandasnya.

Baca Lainnya