Kamis, 23 November 2017 19:01

10 Ribu Pohon akan Ditanam di Situ Cisanti

Pangdam III/Siliwangi meninjau langsung lokasi TPS liar.
Pangdam III/Siliwangi meninjau langsung lokasi TPS liar. [limawaktu]

Limawaktu.id, - Permasalahan Sungai Citarum hingga saat ini tak pernah tuntas, sehingga banjir setiap tahunnya semakin parah. Oleh karena itu, perlu penanganan bersama, yang melibatkan Kodam III/Siliwangi, Kodim 0609/Kabupaten Bandung, bersama Pemprov Jabar dan Pemkab Bandung, sehingga kedepannya untuk penanganannya akan dilakukan dengan satu komando.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo melalui Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi, Kolonel Arhanud MD. Ariyanto mengatakan, permasalahan Sungai Citarum tidak pernah selesai karena setiap instansi menanganinya masing-masing. Saat ini menjadi pertanyaan besar, kenapa Citarum tidak pernah selesai? Karena, kerja masing-masing. Untuk kedepanya, akan dijadikan satu komando dengan pimpinan Gubernur dan Panglima sebagai ketua pelaksana harian.

"Siang ini akan dirumuskan struktur organisasi untuk penanganan Sungai Citarum. Penanganan masalah sampah dan limbah di Sungai Citarum oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota selama ini berjalan masing-masing. Hal tersebut berdampak kepada belum tuntasnya masalah Sungai Citarum hingga saat ini," kata Aryanto saat ditemui dilokasi TPS Ilegal, Margaasih, Kamis (23/11/2017).

Dia mengaku, Pangdam menjabat di Kodam III/Siliwangi baru satu pekan lebih, namun satu pekan ini Pangdam langsung turun ke lapangan untuk melakukan penataan lingkungan Sungai Citarum. Diantaranya mengumpulkan pegiat dan komunitas lingkungan. Dan akan dimulai akhir Nopember ini untuk penanaman pohon di Hulu Sungai Citarum, yakni Situ Cisanti..

"Sebanyak 10 ribu bibit pohon setinggi dua meter akan ditanam di lahan yang gundul di wilayah hulu yaitu Situ Cisanti. Selain itu, akan dipasang kamera CCTV di area-area yang sering dijadikan tempat pembuangan sampah liar oleh masyarakat. Supaya masyarakat malu membuang sampah sembarangan," pungkasnya. (lie)*