Jumat, 12 Februari 2021 17:41

Warung Jajan Sangajaman Berdayakan UMKM Dimasa Pandemi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Bagi yang hobby memanjakan lidah, ada tempat yang cocok untuk menikmati aneka sajian kuliner yang diproduksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Cimahi dengan harga murah. Berlokasi di Jalan Sangkuriang Nomor 78, Komunitas Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Sangajaman Kota Cimahi membuka Warung Jajanan (Waja) Sangajaman, yang soft launchingnya digelar pada Jum'at (12/2/2021).

Ketua Komunitas Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Sangajaman Kota Cimahi Kosasoh mengatakan, Warung Jajan ini adalah merupakan program bersama pelaku ekonomi kreatif usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Cimahi di bidang kuliner, kerajinan, budidaya, kesenian dan jasa.

"Kami membuka warung ini dalam upaya meningkatkan pemasaran hasil produksi yang dikoordinasikan oleh Komunitas Pemberdayaan Ekonomi Kreatif (UMKM) & Pariwisata Sangajaman Kota Cimahi,


Menurut dia, Warung Jajanan (WAJA) Sangajaman adalah salah satu pilihan bagi pelaku UMKM agar tetap bisa berdaya dalam situasi pandemi sehingga pelaku usaha kecil bisa bahumembahu mempertahankan usahanya agar tetap berjalan dan berpenghasilan.

Pada soft launching kali ini pihaknya selain melakukan pembukaan Warung Sangajaman (WAJA) Sagala Aya Sangajaman (Saluyu Ngawangun, juga kegiatan Bakti Sosial (Jum’at Berbagi Berkah). Warung jajan ini menampung pelaku Kuliner/Masakan sebanyak 15 UMKM, Kerajinan 4 UMKM, Cemilan 6 UMKM, Oleh-oleh Cimahi 7 UMKM.

Dalam operasionalnya, kata Kosasih, Warung Jajan ini membuka sajian Sarapan Serba Rp. 5000,- dari pukul 06.00 – 09.00 WIB, kemudian sajian Makan Siang (Maksi) Pukul 10.00 – 14.00 WIB dan Ngopi Pukul 17.00 – 21.00 WIB.

"Kita menyadari dalam masa Pandemi Covid-19 yang masih tinggi dan upaya pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro diberlakukan, namun tentunya masyarakat harus memperjuangkan kehidupannya dengan tetap beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan secara baik," jelasnya.

Sementara, menurut Bidang Promosi dan kerja sama, Dian Primastuti, komunitas ini merupakan sarana untuk memperlihatkan hasil produksi mereka kepada masyarakat. Selain itu, wadah ini juga sebagai penetrasi awal pemberdayaan bagi para pelaku yang tergabung didalamnya.

 Untuk itu, Dian mengajak kepada warga masyarakat yang ada di Kota Cimahi untuk berkenan datang kesini.

"Ayo datang kesini, di jalan Sangkuriang no 78." Ujarnya.

Kasie  UMKM Disdagkoperin Kota Cimahi, Mochammad Amien, sangat mengapresiasi kegiatan soft louncing para pelaku UMKM yang tergabung dalam komunitas Sangajaman.

 Menurutnya, kegiatan ini akan jadi jembatan juga sekaligus sebagai ruang interaksi masyarakat untuk lebih mengenal produk  UMKM yang ada di Kota Cimahi.

 "Setidaknya ruang interaksi seperti ini bisa membuka peluang untuk para pelaku UMKM bisa tumbuh dimasa sulit seperti sekarang." Ungkap Amien.

 Lebih lanjut, pihaknya mengaku setiap tahunnya selalu mensupport para pelaku UMKM dengan program yang sudah terencana atau reguler, maupun program non APBD.

 

Baca Lainnya

Topik Populer