Jumat, 19 Januari 2018 21:00

Warga Cimahi Ramai-ramai Terima KIS

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna menyerahkan KIS.
Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna menyerahkan KIS. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sebanyak 2.695 warga tak mampu asal Kota Cimahi akan menerima bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahun 2018. Total secara keseluruhan, sudah ada 10.894 warga yang menerima KIS di Cimahi.

Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatan menargetkan sekitar 140 ribu warga di Kota Cimah mendapatkan KIS tahun ini.

"Akhir tahun ini saya targetkan minimal 9.700 orang sudah mendapatkan Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah/KIS),”  katanya usai menyerahkan KIS secara simbolis kepada warga di Kelurahan Karang Mekar, Jum’at (19/1/2018).

Ajay mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan di setiap keluarga terhadap siapa saja warga yang berhak menjadi penerima manfaat dari kartu jamkesda tersebut.

"Saya berharap pihak kelurahaan melakukan pendataan dengan baik, sehingga warga yang akan menerima jamkseda memang benar-benar yang kurang mampu dan belum mendapatkan kartu Jamkesda," katanya.

Menurut dia, kartu sehat tersebut sangat membantu warga kurang mampu di daerah untuk mendapatkan fasilitas kemudahan dalam pelayanan kesehatan.

"Harapan kami dengan adanya pembagian kartu Jamkesda ini masyarakat kurang mampu akan terbantu dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit atau puskesmas," katanya.

Ajay mengaku belum semua warga miskin di Kota Cimahi yang mendapatkan kartu Jamkesda. Namun demikian, Ajay meminta masyarakat tidak khawatir. Sebab bagi masyarakat kurang mampu yang belum mempunyai Kartu Jamkesda masih dapat menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk berobat.

"Insyaalloh bagi para pengguna KIS atau Jamkesda dan SKTM tidak akan mendapat penolakan dari rumah sakit," ujarnya.

Tidak hanya itu, Ajay juga menjamin tidak akan ada perbedaan dalam pelayanan bagi pengguna Jamkesda." Kita terus koordinasi untuk pelayanan RS dan faskes lainnya," ucap Ajay.

Ajay menjelaskan, bagi masyarakat yang telah memilki Jamkesda melalui KIS dari BPJS Kesehatan berhak mendapatkan pelayanan gratis dari puskesmas atau pun Rumah Sakit (RS) yang ada di Kota Cimahi. Untuk itu masyarakat diminta harus  peka terhadap urusan kesehatan diri dan keluarga.