Jumat, 8 Desember 2017 6:37

SLRT Hadir Sebagai Layanan Kemiskinan Satu Pintu

Reporter : Yulie Kusnawati
Marlan, Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Bandung
Marlan, Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Bandung [limawaktu]

Limawaktu.id, - Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Marlan mengungkapkan, sampai saat ini Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Sabilulungan Kabupaten Bandung Dinas Sosial telah berpartisipasi aktif dalam melaksanakan program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat miskin, penguatan kelembagaan sosial ekonomi masyarakat, serta melaksanakan percepatan Pembangunan daerah tertinggal.

“Banyaknya kasus keluarga miskin yang tidak mendapatkan layanan perlindungan sosial secara komprehensif, juga terabaikannya proses penyelesaian penanganan masalah yang beragam, maka untuk mengatasi berbagai kesenjangan, SLRT hadir sebagai layanan kemiskinan satu pintu, ucap Marlan saat ditemui di Bale Sawala, Kamis (7/12/2017).

Di dalam SLRT lanjutnya, terjalin integrasi dengan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD), hingga dukungan penuh dari Bupati Bandung. Menurutnya untuk mewujudkan penanganan kemiskinan, SLRT bisa dijadikan wadah yang mengintegrasikan beragam kebijakan juga program layanan secara komprehensif, efektif, dan efisien.

“SLRT Sabilulungan terlahir dari komitmen Pemda yang didukung semua elemen, baik OPD yang menangani program kemiskinan, dunia usaha, kemudian lembaga sosial masyarakat. Saat ini sudah terdukung sarana kantor, 1 unit kendaraan operasional dan 1 unit ambulance. Kita harapkan ke depan, selain menambah sarana, kekuatan kapasitas SDM fasilitator juga intensifnya akan bertambah agar pelayanan semakin maksimal,” terangnya.

Keberhasilan SLRT Sabilulungan ini, tambahnya, juga berkat gerak langkah progresif Dinas Sosial terutama Kepala Dinas dan Manager SLRT Nia Nindhiawati bersama seluruh fasilitator.

“SLRT Sabilulungan, maju pesat dan progresif juga karena peran Kepala Dinsos Nina Setiana juga Manajer SLRT yang responsive terhadap segala permasalahan, untuk membantu mendekatkan akses pelayanan bagi masyarakat miskin dan meningkatkan peran potensi serta sumber Kesejahteraan Sosial (Kesos),” pungkasnya. (lie)

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Sae

8 Desember 2017 5:35 Balas