Senin, 9 Oktober 2017 17:47

Simda Perencanaan dan Keuangan, Pemkab Bandung Gelar Pelatihan TOT

Suasana Pelatihan TOT bagi pelatih  Pemanfaatan Simda Perencanaan dan Keuangan, yang digelar di Balesawala Soreang, Senin (9/10).
Suasana Pelatihan TOT bagi pelatih Pemanfaatan Simda Perencanaan dan Keuangan, yang digelar di Balesawala Soreang. [Foto: lie]

Limawaktu.id, - Dalam upaya singkronisasi aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) berbasis teknologi informasi, Pemerintah Kabupaten Bandung menggelar Training Of Trainer (TOT), Pelatihan bagi pelatih  pemanfaatan Simda Perencanaan dan Keuangan, yang digelar di Balesawala Soreang, Senin (9/10).

Kegiatan tersebut TOT diberikan kepada 20 orang peserta, diantaranya 5 orang dari Bappeda, 4 orang dari Badan Keuangan Daerah, 3 orang dari Dinas Komunikasi dan Informasi, 2 dari Inspektorat, 1 dari Bagian Kominfo setda, 2 dari Bagian Program setda dan 2 orang dari Bagian Keuangan Setda.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sofian Nataprawira mengatakan, pelatihan tersebut merupakan langkah untuk terintegrasinya sistem perencanaan dan keuangan, juga sesuai dari hasil koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Sesuai hasil evaluasi bersama Kopsurgah KPK,  kita sepakat untuk menggunakan sistem perencanaan disertai sistem penganggaran, sehingga diharapkan bisa meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi," kata Sofian usai kegiatan TOT.

Sofian mengungkapkan, dengan diterapkan integrasi tersebut, perencanaan pembangunan daerah dapat terwujud secara transparan dan objektif, sehingga bisa mencegah terjadinya intervensi dalam proses  penganggaran.

"Pelatihan TOT, diharapkan bisa meningkatkan kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah serta membantu pemerintah daerah menerapkan sistem sistem pembangunan secara transparan," paparnya. (lie)*