Kamis, 9 November 2017 15:59

Sekda KBB: Pelatihan UMKM Berkelanjutan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Reporter : Jumadi Kusuma
Maman S. Sunjaya, M.Si, Sekda KBB.
Maman S. Sunjaya, M.Si, Sekda KBB. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Maman S. Sunjaya, M.Si, didampingi Kepala Dinas Koperasi & Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Ade Wahidin, menghadiri kegiatan pelatihan teknik perbengkelan sepeda motor, pengenalan komputer, pelatihan dasar menjahit dan perkoperasian, yang dilaksanakan di Hotel Panorama, Lembang, Kamis (9/11/2017).

Menurut Maman, meskipun tingkat kesejahteraan KBB sudah diatas rata-rata Jawa Barat, namun pemerintah daerah harus terus memberikan kontribusi dan pelatihan kepada masyarakat kecil dan pelatihan bagi yang mempunyai koperasi agar pengangguran di KBB semakin berkurang.

"Mudah-mudahan kedepan pemuda/pemudi Bandung Barat bisa memiliki keahlian untuk mengembangkan atau pun membuat usaha sendiri secara bertahap," ucapnya.

Dia juga mengatakan, bahwa pelatihan ini dilaksanakan demi mengentaskan kemiskinan, mengurangi pengangguran, mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan khususnya untuk menjadikan perubahan di lingkungan keluarga, memenuhi kebutuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang.

"Mudah-mudahan kedepan UMKM di KBB terus tumbuh dan semakin banyak yang menciptakan usaha sendiri menurut bidang dan keahliannya masing-masing," paparnya.

Ia juga mengingatkan, salah satu hasil produk yang paling menarik di KBB yang berasal dari Kecamatan Gunung Halu, yang terkenal dengan batu oncomnya, kemudian pemerintah daerah juga berinisiatif untuk membuat produk batik dengan berkolaborasi warna oncom.

"Saya berharap kepada pegawai di lingkup pemerintah daerah maupun masyarakat agar selalu mencintai dan memakai hasil produk sendiri, khususnya batik oncom ini," ucap Maman.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Maman juga mengajak kepada dinas dan stakeholder terkait agar selalu memberikan kontribusi dan pelatihan kepada masyarakat KBB secara berkelanjutan, supaya kedepan masyarakat mempunyai keterampilan dan keahlian untuk bisa berwirausaha sendiri, baik secara perorangan maupun secara berkelompok," pungkasnya.(jk)*

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Sae

9 November 2017 22:36 Balas